Minggu, 04 Juli 2010

Belajar Sejarah Perang Dunia II dari TV One

Belajar Sejarah Perang Dunia II dari TV One
Ivan Taniputera (4 Juli 2010)

Pada tanggal 4 Juli 2010, TV One menayangkan acara yang sangat menarik bagi para penggemar sejarah. Acara itu berkenaan dengan latar belakang Perang Dunia II. Berikut ini adalah foto-foto yang diambil dari acara tersebut:


Di atas adalah gambar Henry Puyi, kaisar terakhir Dinasti Qing yang berhasil dibujuk Jepang membentuk negara boneka bernama Manchukuo. Ketika itu Jepang sedang membesar ambisinya dan ingin menaklukkan seluruh Asia.



Di Italia, Benito Mussolini, pemimpin fasis, berhasil merebut kekuasaan dan menjadi perdana menteri di bawah pemerintahan raja Victor Emmanuel II.



Italia melanjutkan aksinya dengan menduduki Italia. Kaisar Haile Selasie dari Ethiopia terpaksa melarikan diri ke Inggris. Liga Bangsa-Bangsa memprotes Italia, namun sia-sia.



Angkatan perang Jerman yang dilucuti akibat kekalahan semasa Perang Dunia I dibangun kembali dan menjadi makin kuat.



Di Spanyol terjadi perang saudara, yang dimenangkan oleh kaum fasis pimpinan Jenderal Franco. Saat itu, Jenderal Franco dibantu oleh Jerman dan Italia. Pihak Republik, musuh Franco, berupaya meminta bantuan Inggris dan Perancis; tetapi gagal.

Di Jerman, Adolf Hitler, pemimpin partai Nazi semakin naik daun. Ia berhasil merebut kedudukan sebagai kanselir (perdana menteri Jerman). Ketika Presiden Paul von Hindenburg wafat karena lanjut usia, Hitler menyatukan jabatan kanselir dan presiden menjadi apa yang dinamakan "Fuehrer."

Nampak Adolf Hitler dengan seragam kebesarannya.

Para jenderal Jerman merupakan tulang punggung Jerman dalam melakukan aneksasi wilayah. Negara pertama yang dicaplok Hitler adalah tanah kelahirannya sendiri, Austria. Baru setelah itu, Jerman menaklukan Sudetenland, Cekoslovakia, Polandia, dan lain sebagainya.