Selasa, 12 Juni 2012

Warisan Terbaik Bagi Anak Anda dan Generasi Penerus


Ivan Taniputera
13 Juni 2012


Warisan apakah yang terbaik bagi anak atau generasi penerus Anda? Apakah harta? Harta bisa habis. Apakah kepandaian? Ya benar, tetapi kepandaian atau pengetahuan apakah yang paling berharga? Berdasarkan pengalaman hidup saya, kepandaian atau pengetahuan yang paling berharga adalah bahasa. Semakin banyak Anda memahami suatu bahasa asing, maka makin luas pula informasi terbuka bagi Anda. Kita menyadari bahwa era mendatang adalah era informasi. Siapa yang berkuasa adalah yang menguasai informasi.

Lalu bahasa asing apakah yang perlu kita kuasai. Bahasa Inggris sudah pasti, karena merupakan bahasa internasional. Kemudian yang perlu kita sadari adalah bahasa-bahasa yang memberikan bonus. Dalam artian jika Anda mempelajarinya maka secara otomatis Anda juga akan mendapatkan kemampuan memahami suatu bahasa lain walaupun tidak 100 persen. Sebenarnya bahasa kita, yakni bahasa Indonesia, juga memberikan bonus. Jika seseorang menguasai bahasa Indonesia, maka secara otomatis dia juga akan memahami bahasa Melayu dan begitu pula sebaliknya.

Jika kita belajar bahasa Jerman, maka bonusnya adalah bahasa Belanda. Bahasa Jerman dan Belanda mempunyai kemiripan nyata. Contohnya adalah Bewegung (gerakan) dalam bahasa Jerman, menjadi Beweging dalam bahasa Belanda. Biasanya yang berubah adalah vokal-vokalnya saja. Selain itu, jika bisa bahasa Jerman kita juga akan sedikit banyak memahami bahasa Denmark (Danish). Lalu Bahasa Mandarin, juga memberikan bonus berupa kemampuan memahami tulisan dalam bahasa Jepang, karena keduanya menggunakan huruf atau aksara yang sama. Meskipun orang Jepang juga menggunakan hiragana dan katakana, namun mereka tetap menggunakan 1.400 huruf Kanji yang dikenal sebagai Joyo Kanji ata Changyong Hanzi (huruf Han yang sering dipakai). Jika boleh disebutkan, bahasa lain yang memberikan bonus adalah bahasa Portugis dan Spanyol, karena keduanya mirip. Kendati demikian, Spanyol dan Portugal bukan merupakan negara yang sangat berpengaruh dalam percaturan dunia internasional, selain sepak bola.


Demikianlah, berdasarkan kenyataan di atas, maka kita dapat memahami bahasa-bahasa apa saja yang perlu kita kuasai. Oleh karenanya, pendirian pusat-pusat pembelajaran bahasa barangkali akan sangat diperlukan di masa mendatang.