Minggu, 29 Juli 2012

SERBA-SERBI CIONG YANG BERBEDA ENAM TAHUN

SERBA-SERBI CIONG YANG BERBEDA ENAM TAHUN


Ivan Taniputera
30 Juli 2012



Banyak orang bertanya-tanya, apakah ia boleh menikahi kekasihnya yang usianya berbeda enam tahun. Dalam memahami masalah ciong, kita perlu kembali pada filosofi dasar selaku latar belakang bagi metafisika Tiongkok tersebut. Jika kita tidak bersedia memahaminya, maka konsep tentang ciong akan sulit dimengerti. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sedikit mengulas mengenai makna ciong yang berbeda enam tahun. Pada kesempatan berikutnya akan diulas juga ciong dengan beda tiga tahun. Baiklah, mari kita mulai pembahasan kita. Silakan lihat gambar yang saya buat di bawah ini. 




Ternyata ciong enam tahun sebagian besar disebabkan oleh pertentangan unsur. Sebagai contoh Zi (tikus) yang berunsur air akan bertentangan dengan Wu (kuda) yang berunsur api. Yin (macam) yang berunsur kayu akan bertentangan dengan Shen (monyet) yang berunsur logam. Jadi sini pertentangan atau ciongnya adalah bersifat "hidup dan mati." Itulah sebabnya, sebagian orang menyebutkan bahwa ini adalah "ciong besar."

Namun bagaimana dengan Chou (kerbau) dan Wei (kambing) yang sama-sama berunsur tanah? Sehubungan dengan cabang bumi yang berunsur tanah, terdapat pengecualian. Pertentangan yang terjadi tidak bersifat hidup atau mati, melainkan persaingan. Jadi di sini pertentangannya lebih bersifat halus atau efeknya lebih lambat dirasakan.

Apakah ciong selalu berdampak buruk? Jawabnya tidak selalu demikian. Filosofi Tiongkok adalah berlandaskan prinsip keseimbangan. Guna menjawab pertanyaan ini kita harus mengulas sedikit mengenai bazi atau delapan karakter. Yakni empat pasang paduan tiangan-dizi yang ada dalam kelahiran seseorang. Jika unsur atau elemen yang ciong adalah elemen yang buruk (sebagian praktisi menyebutnya elemen yang tidak diperlukan dan beragam istilah lainnya, whatever lah), maka itu justru baik. Ibaratnya para penjahat yang berkelahi satu sama lain, sehingga tidak sempat melakukan kejahatan pada orang lain. Mereka terlalu sibuk dengan perkelahiannya, sehingga tidak sempat melakukan tindak kejahatan. Sebaliknya jika elemen yang baik yang saling bertentangan, itu justru kurang baik. Ibaratnya ada sekelompok orang yang ingin berbuat baik pada kita, namun mereka malah berkelahi satu sama lain. Akibatnya, mereka tidak sempat membantu kita, karena disibukkan oleh perkelahiannya itu.

Sebenarnya masih ada pembahasan dari sisi astronomi dan astrologi, namun karena diperlukan banyak diagrarm guna menjelaskannya, saya tidak akan membahasnya pada kesempatan kali ini. Barangkali pada lain kesempatan. Masih ada lagi ulasan berdasarkan polaritas masing-masing cabang bumi (dizi), yakni yin-yang, namun karena tulisan ini sifatnya hanya pengantar, kita belum akan membahasnya lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

BAGAIMANA MENGATASI CIONG YANG BERBEDA ENAM TAHUN?

Banyak orang yang hanya sanggup mengatakan bahwa suatu pasangan saling ciong, namun tidak dapat memberikan solusinya. Hal ini sebenarnya tidaklah etis, karena dapat merusak jalinan hubungan antara dua orang. Dalam filsafat dan metafisika Tiongkok, tujuan kita mempelajari pengetahuan Bazi, Ziweidoushu, serta astrologi adalah demi meningkatkan kehidupan kita, yakni dengan menelaah kaitan-kaitan antara Langit, Bumi, dan Manusia. Dengan memiliki pengetahuan mengenai hal itu, kita dapat memanfaatkan aspek ruang dan waktu. Mengatasi ciong harus holistik dengan memperhatikan berbagai aspek. Tentu saja apa yang dipaparkan di sini masih dalam taraf pengantar semata. Apabila para pembaca ingin mengetahui lebih mendalam, maka mau tidak mau harus masuk ke dalam kasus, karena tiap kasus akan mengharuskan kita memberikan pandangan berbeda-beda. Namun secara umum mengatasi ciong adalah sebagai berikut:

1.Sebelumnya telah diulas bahwa elemen yang menguntungkan atau dibutuhkan jika ciong akan memberikan efek yang kurang baik. Ini dapat diibaratkan orang-orang yang seharusnya membantu kita namun saling bertengkar satu sama lain, sehingga akhirnya tidak jadi menolong kita. Perumpamaan lainnya adalah polisi yang saling bertengkar, sehingga akhirnya justru para penjahat yang bersuka cita. Oleh karenanya, demi memisahkan pertengkaran tersebut, harus ada elemen pengganggu ketiga, yang berbeda tiga cabang bumi dengan elemen yang saling ciong tersebut. Ini disebut "po." Ibaratnya adalah dua orang anak sedang bertengkar dan tiba-tiba datang seorang guru galak yang memisahkan mereka. Kedua orang itu merasa takut dengan kehadiran guru tersebut dan menghentikan pertengkarannya. Untuk jelasnya lihat gambar yang saya buat.




Zi (Tikus) ciong dengan Wu (Kuda), oleh karenanya pergunakan You (ayam) yang berbeda tiga cabang bumi.

Catatan: Cabang bumi yang "po" ini hendaknya unsur yang menguntungkan atau dibutuhkan, karena bila tidak ibaratnya lepas dari satu kerepotan, tetapi malah mengalami kerepotan lainnya. Kasus semacam ini sering terjadi. Memang benar bahwa permasalahan yang dialami mereda, tetapi timbul masalah lainnya. Jika tidak memungkinan maka harus memikirkan cara lainnya. Bagaimana penerapannya?

A.Beberapa praktisi menyarankan penggunaan kalung atau perhiasan bergambar lambang hewan (shio) penetralisir. Boleh juga memasang patung hewan tersebut pada sudut rumah yang tepat.

B.Memperkuat sudut rumah atau kamar yang berkaitan dengan hewan tersebut. Mengenai arah yang benar dalam melihat Luopan atau diagram 24 Gunung. Metoda ini juga ada yang menyebutnya "aktifasi," yakni dengan memasang air mancur, pelita, dan lain sebagainya. Ini pemanfaatan aspek RUANG.

C.Jika memungkinkan, maka jam ataupun hari pernikahan atau segala sesuatu yang berkaitan dengan pernikahan dilakukan pada jam atau hari cabang bumi terkait:
Jam Tikus 23.00-01.00.
Jam Kerbau 01.00-03.00.
Jam Harimau 03.00-05.00.
Dan seterusnya. Ini adalah wujud pemanfaatkan aspek WAKTU.

D.Dengan demikian, ciong juga dapat membaik seiring dengan berlalunya waktu, karena cabang bumi senantiasa bersiklus.

E.Jika mempunyai anak, maka dapat mengupayakan agar anak memiliki cabang bumi yang dikehendaki tersebut. Oleh karenanya, hal ini dapat menjelaskan mengenai pasangan yang sering bercekcok, namun setelah memiliki anak hubungan keduanya menjadi membaik.

2.Bisa juga menggunakan cabang bumi yang bila bergabung dapat menghasilkan elemen baru. Ini berarti bahwa cabang bumi pengganggu melenyap atau melebur, sehingga sirna kekuatannya. Dengan catatan, bahwa elemen baru yang dihasilkan harus merupakan elemen yang dibutuhkan atau bermanfaat. Rumusnya adalah sebagai berikut: LIU HE (Enam Penggabungan)

Tikus + Kerbau = Tanah.
Harimau + Babi = Kayu.
Kelinci + Anjing = Logam.
Naga + Ayam = Api.
Ular + Monyet = Air.
Kuda + Kambing = Api.

Meskipun demikian, jika cabang bumi pilar bulan bertentangan elemennya dengan elemen hasil penggabungan cabang bumi, maka penggabungan TIDAK dapat terjadi, sehingga cara ini tidak dapat digunakan.
Cara penerapannya kurang lebih sama dengan di atas. 3.Bisa juga menggunakan elemen-elemen yang membentuk struktur segitiga. Secara umum terdapat:

a.Struktur segitiga air.
b.Struktur segitiga kayu.
c.Struktur segitiga api.
d.Struktur segitiga logam.

4.Menempati rumah yang dengan arah hadap sesuai dengan angka "gua" keduanya.

5.Pertimbangan selanjutnya adalah dengan analisa holistik yang menggabungkan Bazi, Ziweidoushu, dan Astrologi, sehingga dapat diketahui apa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan demikian dapat dicari solusi praktisnya.

6.Gunakan patung sepasang bebek mandarin, karena bermakna kerukunan. Tentu saja bagi yang percaya kekuatan simbol. Demikian kurang lebih tatacara mengatasi ciong yang berbeda enam tahun.

CONTOH KASUS PERNIKAHAN BERBEDA ENAM TAHUN




Ini adalah contoh pasangan suami isteri yang berbeda enam tahun dan oleh orang awam disebut ciong besar. Perhatikan bahwa suami bershio babi (Hai), sedangkan isteri bershio ular (Si). Benarkah jika mereka menikah akan bermasalah?

Suami memiliki elemen diri air meskipun terlahir di bulan api, namun jika diperhatikan api pada pilar bulan dikepung oleh air yang berasal dari pilar hari maupun tahun. Selain itu, pada pilar jam terdapat tanah yang melepahkan api dan logam yang menguatkan air. Jadi di sini elemen air termasuk kuat. Dengan demikian sebagian praktisi menyebutkan bazinya terlalu “dingin,” dan butuh kehangatan. Jadi bazi ini sangat memerlukan api.

Isteri memiliki elemen diri logam yang terlahir pada bulan api. Selain itu, Wu dan Xu dapat membentuk konfigurasi api setengah. Konfigurasi ini bisa terjadi karena tidak bertentangan dengan energi elemen pada cabang bumi pilar bulan. Dengan demikian, kekuatan api menjadi bertambah. Oleh karena itu, elemen api menjadi kuat atau dominan. Bazinya menjadi terlalu panas dan kering. Jadi isteri memerlukan air untuk mendinginkanya. Berdasarkan Bazinya, isteri memiliki penampilan yang menarik dan mempunyai semacam daya tarik bagi lawan jenis.

Oleh karena itu, berdasarkan komposisi elemen yang ada di Bazi masing-masing justru saling melengkapi. Suami perlu isteri untuk menghangatkan bazinya, sedangkan isteri perlu suami guna mendinginkan bazinya. Dengan demikian, tidak benar bahwa beda enam pasti akan bermasalah.

Perhatikan lebih lanjut bahwa Wu di pilar bulan isteri liuchong atau ciong dengan Zi di pilar hari suami. Pilar bulan melambangkan orang tua, sedangkan cabang bumi pilar hari biasa disebut istana pasangan hidup. Ini adapat ditafsirkan bahwa orang tua pihak wanita akan menentang atau kurang menyetujui perkawinan tersebut.  Namun perhatikan bahwa di pilar jam terdapat You yang dapat menetralisir pertentangan tersebut. Dengan demikian, mereka akan bisa menikah. Boleh juga ditafsirkan bahwa setelah kehadiran anak, ketidak-sukaan orang tua/mertua akan mereda.

Apabila ditinjau lebih jauh baik suami atau isteri sama-sama merupakan orang yang keras. Hanya saja suami masih lebih dapat mengalah atau dengan mengimbangi isterinya.

KESIMPULAN: Berbeda enam tahun belum tentu ciong.

Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum

Artikel menarik lainnya silakan bergabung dengan https://www.facebook.com/groups/339499392807581/