Kamis, 02 Agustus 2012

Sekilas Sejarah Kemajuan Teknologi Bangsa Arab

Sekilas Sejarah Kemajuan Teknologi Bangsa Arab

Ivan Taniputera
2 Agustus 2012

Pada tanggal 29 Juli 2012, saya berkunjung ke Grand City Mall di Surabaya dan menyaksikan pameran foto-foto mengenai kemajuan teknologi bangsa Arab pada abad ke-7-10 M. Pada kurun waktu tersebut, Timur Tengah memang memiliki kemajuan melebihi bangsa Eropa yang masih mengalami abad kegelapan. Yang paling mengesankan adalah replika ukuran sebenarnya bagi jam gajah yang digerakkan oleh air buah karya al-Jazari.



 Meskipun hanya menyaksikan replikanya, kita tetap dapat membayangkan dan mengagumi kecanggihan jam ini di masa lalu. Apabila menyaksikan rancangannya, nampak bahwa al-Jazari menggabungkan beberapa elemen yang berasal dari Spanyol, Funisia, Irak, India, Tiongkok, Mesir dan lain sebagainya. Inilah sebabnya, kita sanggup menyaksikan keuniversalan di balik karya tersebut.




Karya al-Jazari lainnya adalah robot yang dibuatnya bagi Raja Diyarbakr. Robot berwujud anak kecil berusia 12 tahun tersebut dapat menuangkan air, mengambilkan handuk, serta membawakan sisir bagi sang raja.




Perkembangan teknologi lainnya adalah kamera lubang jarum karya Ibn-al Haitham. Kamera ini juga memperlihatkan bahwa cahaya merambat menurut garis lurus.




Masih ada lagi alat pencuci tangan otomoatis dengan mekanisme yang sekarang masih digunakan dalam sistim penyiram toilet modern. Alat ini menggunakan robot berwujud wanita muda yang memegang wadah air. Begitu tuasnya di tekan, robot wanita itu akan menuangkan airnya dan setelah itu mengisinya kembali.




Berikut ini adalah jam berbentuk istana-istanaan beserta pemain pemusiknya, yang juga buah karya al-Jazari. Jam ini dapat memeragakan fase-fase bulan dan setiap jam robot-robot pemusik akan memainkan alat musiknya.




Aroma terapi ternyata juga telah dikenal di Arab dan disebut bukhoor.



Dalam bidang kartografi atau ilmu pembuatan peta, kita mengenal al-Idrisi (1100-1166) yang berasal dari Andalusia, berikut ini adalah peta terkenal buah karyanya, yang mengggambarkan Eropa dan Asia.




Abbas ibn Firnas merupakan pencipta alat terbang dari abad ke-9. Hasil rancangannya tersebut tentu saja lebih tua ketimbang Leonardo dan Vinci.




Sebagai penutup akan ditampilkan mekanisme pengangkat air yang dirancang oleh para insinyur Arab. Mekanisme ini juga dilengkapi oleh pompa buah karya al-Jazari.




Sebagai tambahan ini adalah keterangan mengenai jam gajah di atas.


CTRL + Q to Enable/Disable GoPhoto.it