Senin, 08 Oktober 2012

Seni Mengartikan Ciamsie


Seni Mengartikan Ciamsie

Ivan Taniputera
8 Oktober 2012

Ini barangkali bermanfaat bagi mereka yang suka ciamsie. Ada beberapa hal yang diperlukan dalam mengartikan ciamsie berdasarkan pengalaman saya dalam mengambil ciamsie dan membantu teman mengartikannya:

1.Baca baik2 terlebih dahulu ciamsie itu lalu coba hubungkan dengan situasi dan pertanyaan Anda saat itu. Perhatikan pula kilasan pemikiran yang muncul, karena kilasan intuisi dapat membimbing Anda dalam menentukan pemaknaannya.
2.Dicoba dimengerti filsafat yang ada di balik ciamsie itu, misalnya ceritera rakyat, hikayat, ajaran, dll, yang ada di balik ciamsie.
3.Lihat angka atau nomor ciamsie, barangkali itu ada kaitannya dengan Anda. Sebagai contoh ada orang yang dapat ciamsie nomor 3. Dia menanyakan masalah perjodohan. Ternyata dia memang sedang dekat dengan 3 orang.
4.Ada ciamsie tertentu yang sudah memilahnya berdasarkan berbagai tema. misalnya: Peruntungan: BAGUS, Perkawinan: BISA JADI, dan lain sebagainya.
5.Diskusi dengan orang lain juga ada baiknya, karena orang lain kadang juga bisa memberikan masukan berharga. Namun patut diingat bahwa yang mengerti permasalahannya adalah Anda sendiri, jadi semuanya pulangkan pada diri Anda sendiri.
Ada yang bilang bahwa mengartikan teks Mandarin juga bermanfaat, ini boleh juga dilakukan, tetapi bukan sesuatu keharusan, karena membaca terjemahannya sebagian besar sudah cukup.
Demikian, semoga bermanfaat.