Jumat, 09 November 2012

Awal Kebudayaan Baca Tulis di Tiongkok?

Awal Kebudayaan Baca Tulis di Tiongkok?

Ivan Taniputera
9 November 2012

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai peninggalan goresan tanda-tanda pada bejana keramik dan kepingan-kepingan tanah liat yang ditemukan di Banpo serta Jiangzhai. Usia peninggalan ini adalah kurang lebih 5000 SM.



Terdapat goresan-goresan tanda pada bagian tepi bejana keramik dan biasanya telah digoreskan atau dicapkan sebelum proses pembakaran. Tanda-tanda ini muncul sendirian dan sebagian ada yang ditampilkan secara berulang-ulang di beberapa bagian bejana. Berdasarkan penelitian pada benda-benda peninggalan di Banpo, dalam 112 kasus telah ditemukan 22 jenis tanda.
Kendati demikian, maknanya belum diketahui. Hanya saja tanda-tanda tersebut menampilkan kesamaan ukuran maupun tampilan, sehingga mencerminkan adanya sistematika tertentu. Kemungkinan tanda-tanda itu merupakan upaya menyeragamkan simbol mengenai suatu gagasan atau pertistiwa tertentu.
Menurut Kwang-chih Chang tanda-tanda tersebut barangkali merupakan penanda bagi produsen ataupun pemiliknya. Masih diperlukan penelitian lebih jauh guna mengungkapkan hal ini.

Sumber: Brinker, Helmut & Goepper, Roger. Kunstschaetze aus China: 5000 v. Chr. bis 900 n. Chr. Neuere archaeologische Funde aus der Volksrepublik China, Kunsthaus Zuerich, 1980, halaman 6.