Sabtu, 24 Agustus 2013

MENANYAKAN PERSELISIHAN YANG TERJADI KARENA SALAH PAHAM DENGAN METAFISIKA BARAT DAN TIMUR

MENANYAKAN PERSELISIHAN YANG TERJADI KARENA SALAH PAHAM DENGAN METAFISIKA BARAT DAN TIMUR


Ivan Taniputera
24 Agustus 2013

Seorang teman mengatakan bahwa ia baru saja mengalami perselisihan dengan kawannya yang disebabkan oleh salah paham. Saya menyampaikan padanya, agar ia berdiam diri dulu, dan saya akan mencoba menebak serta menganalisa permasalahannya tanpa ia perlu mengatakan apa-apa. Nanti setelah saya menyampaikan hasil analisa saya baru dia boleh menceritakan masalahnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan metoda metafisika yang berasal dari Barat dan Timur.

Pertama-tama instink saya mengatakan agar mengambil kartu Tarot terlebih dahulu. Kartu utama yang didapat adalah Knight of Cup.




Kartu ini saya tafsirkan sebagai adanya suatu perjanjian, perlindungan, keuangan, atau pembagian keuntungan yang terkait dengan masa lalu. Jadi secara umum, ini menyatakan adanya suatu janji yang diberikan di masa lalu.

Saya lalu membuat diagram horary astrology-nya guna memperoleh gambaran yang lebih jelas.




Kita dapat menyaksikan adanya Grand Square atau Grand Cross. Terdapat Venus di rumah kedelapan dan Bulan di rumah kedua (keuangan). Suatu indikasi bahwa kesalah-pahaman ada kaitannya dengan uang dan suatu janji yang diberikan. Venus mengalami Square dengan Yupiter di rumah kelima dan Pluto di rumah kesebelas (teman atau sahabat). Bulan conjunct dengan Uranus di rumah kedua. Bulan melambangkan perasaan, sedangkan Uranus adalah perubahan yang sulit ditebak. Oleh karenanya, dapat disimpulkan bahwa permasalahan ini adalah terkait suatu janji di zaman dahulu yang ada kaitannya dengan uang dan kesalah pahaman terjadi karena ada sesuatu terkait perasaan yang tak terduga sebelumnya. Masalah selanjutnya adalah perjanjian tersebut sebelumnya tidak begitu kuat.

Adanya Pluto di rumah sahabat, membuat saya menafsirkan adanya kawan lain yang terlibat dalam hal ini, sehingga permasalahan menjadi keruh. Guna memastikan hal ini saya lalu mengambil kartu ceki, dan diperoleh kartu sebagai berikut:




Kartu ini disebut Gouw Item dan melambangkan bintang gelap beserta "gosokan" (bujukan atau perkataan tidak baik serta fitnah). Dengan demikian, pasti ada pihak ketiga bermaksud kurang baik juga terlibat di dalam permasalahan ini.

Kalau kita perhatikan, nampak bahwa Pluto mendapatkan sextile dari Saturnus di rumah sembilan (agama), sehingga ini nampaknya pihak ketiga tersebut berasal dari suatu institusi keagamaan. Ia nampaknya merupakan orang berkharisma.

Perselisihan karena kesalah-pahaman ini nampaknya sulit menjadi baik kembali, karena tidak adanya aspek-aspek baik yang mendukung. Kalaupun kedua belah pihak hendak berbaikan kembali dibutuhkan waktu lama.

Kawan saya menceritakan bahwa peristiwanya memang kurang lebih seperti itu.

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa semua metoda dapat kita pergunakan bersama-sama. Kita jangan merendahkan salah satu metoda metafisika. Semua metoda tersebut dapat diibaratkan sebagai senjata yang memiliki kegunaannya sendiri-sendiri. Semakin banyak senjata yang kita kuasai maka kita akan semakin kuat. Metafisika baik Barat maupun Timur adalah alat bantu yang berharga.