Minggu, 09 Maret 2014

BUKU TENTANG GEOGRAFI, ETNOLOGI, DAN SEJARAH JAWA

BUKU TENTANG GEOGRAFI, ETNOLOGI, DAN SEJARAH JAWA

Ivan Taniputera
9 Maret 2014



Judul: Java: Geographisch, Ethnologisch, Historisch, Eerste Deel (bab I)-Oude Geschiedenis
Penulis: Prof P.J. Veth (1814-1895)
Penerbit: Haarlem, De Erven F. Bohn, 1896.
Jumlah halaman: 396+vu
Bahasa: Belanda

Inilah ada buku yang memaparkan mengenai ilmu bumi, kondisi suku bangsa, dan sejarah Pulau Jawa. Berikut ini adalah foto penulisnya.




Ada pun daftar isinya adalah sebagai berikut.




Pada halaman 1 dapat kita baca mengenai "Naamsoorprong, Oudste Berichten" (Asal Muasal Nama, Berita-berita Tertua):

"Onder de eilanden van den Indischen Archipel, ons schoone rijk van Insulinde, is Java niet het grootste: het wordt in dit opzicht door Nieuw-Guinea, door Borneo, Sumatra en Celebes overtroffen....."

Terjemahan:

"Di antara pulau-pulau pada Kepulauan Hindia, negeri Nusantara kita yang indah permai, Jawa bukanlah yang tersar: dalam hal itu ia dikalahkan oleh Papua, Kalimantan, Sumantra, dan Sulawesi...."


"De naam Java is zeer oud en zijn oorsprong is, zooals die der meeste oudegeographische name, niet gemakkelijk te bepalen..."

Terjemahan:

"Nama jawa adalah sangat tua dan asal usulnya, sebagaimana kebanyakan nama geografis lama, tidaklah mudah dicari asal usulnya."

Pada halaman 2 disebutkan bahwa nama Jawa itu pertama kali dipergunakan oleh bangsa India dalam menyebutkan seluruh Kepulauan Nusantara:

".... 't is integendeel hoogst waarschijnlijk, dat de Hindoes daarmede in den vroegsten tijd de geheele Indische eilandenwereld bedoelden, voor zooverre hun die bekend was...."

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:








Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.