Sabtu, 24 Januari 2015

BUKU RAMALAN PETANGAN KONG BENG KWA YANG LUAR BIASA

BUKU RAMALAN PETANGAN KONG BENG KWA YANG LUAR BIASA

.
Ivan Taniputera
24 Januari 2015
.



Judul: Kong Beng Kwa.
Terdapat keterangan:
jaitoe: Ilmoe meramalken jang amat moedjidjat boeat dapet taoe tentang peroentoengan manoesia jang bakal mendatengi, menoereot petang-petangannja: Tjoe-Kat Boe Houw Kong Beng
Penulis: Tan Boen Kim (1887-1959)
Penerbit: Drukkerij "De Pertoendjangan," Weltevreden, Batavia (Jakarta), 1924.
Jumlah halaman: 95

Buku ini berisikan ramalan-ramalan dengan menggunakan 5 keping uang logam. Caranya sangat sederhana, kita memikirkan pertanyaannya dan mengocok uang logam itu lalu membariskan hasilnya. Misalnya kita peroleh Gambar-Angka-Gambar-Gambar-Gambar, maka itu adalah petangan nomor 3, yang disebut Kiok Tit, kita lalu tinggal mencari jawabannya.

Misalnya bertanya masalah kehilangan barang, maka jawabannya adalah:

"Kailangan, barang itoe tida djaoe."

Di dalamnya terdapat pula periwayatan singkat mengenai Kong Beng (Zhuge Liang) beserta beberapa jenderal ternama Tiongkok lainnya:

"Sabagi Generaal, Kong Beng boleh diseboet satoe Djendraal jang gaga dan arif-bidjaksana; kerna moesoe jang ditaloeki olenhja boekan tjoema digoenaken sadja kakoeatan sednjata boeat kalaken di lahir, hanja dengen priboedi dan kabedjikan, dibikin toendoek sampe di batin. Begitoelah toedjoe kali tangkep Beng Hek bersama permeisoeri dan hoeloebalangnja, toedjoe kali telah lepas kombali, sampe achirnja itoe radja jang tanggoe, bandel dan tida kenal apa artinja takoet, djadi taloek betoel-betoel..." (halaman 9).

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:








Berminat kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.