Senin, 02 Februari 2015

ANALISA BAZI SEORANG TOKOH PRIA

ANALISA BAZI SEORANG TOKOH PRIA
.

Ivan Taniputera
3 Februari 2015
.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menelaah Bazi seorang tokoh pria yang juga menjadi pelopor pergerakan nasional dan pendidikan di negaranya. Berikut ini adalah diagram Bazinya.





Tokoh ini kita tidak mengetahui jam kelahirannya. Dengan demikian, kita hanya dapat mencoba menelaah berdasarkan tanggal kelahirannya saja tanpa melibatkan jamnya.

Nampak bahwa diagram Bazi tersebut didominasi oleh unsur tanah. Ini menandakan bahwa sifat tanah akan nampak dominan.

Adapun sifat elemen Tanah  (Batang Langit Wu dan Ji) secara umum dapat kita ringkaskan sebagai berikut.

Kelebihan: Merupakan pribadi yang jujur dan membenci ketidak-adilan. Biasanya merupakan orang yang pendiam dan lebih mementingkan karya nyata atau dengan kata lain tidak banyak bicara. Lebih suka melakukan pekerjaan dari belakang layar, secara diam-diam, dan perlahan. Dengan kata lain, ia gemar mendukung sesuatu dari belakang saja. Dalam melakukan sesuatu bersifat tulus dan murah hati. Tidak mau mengambil keuntungan atau memanfaatkan orang lain. Lebih mementingkan praktik ketimbang teori. Dapat menjadi seorang organisatoris yang handal. Mampu membimbing atau mendidik orang lain dalam mewujudkan cita-cita mereka.

Kelemahan: Dapat menjadi sosok yang terlalu berpegang pada prinsip, sehingga bisa menjadi terlalu kaku. Bersikap keras kepala dan jarang bersedia mendengarkan saran orang lain. Namun tetap dapat bersikap jujur dan terus terang, hanya saja mungkin kejujurannya itu dalam pengungkapan bisa menyakitkan orang lain.

Selain itu, pribadi yang bersangkutan lebih menggemari tindakan secara tertutup dan tidak diketahui banyak orang. Merupakan pribadi yang sulit ditebak orang lain.

Kini kita akan mencoba membandingkan sifat-sifat di atas dengan kenyataannya. Tentu saja hanya sebatas informasi dari biografi Beliau yang dapat diakses dengan mudah. Kendala dalam menelaah kepribadian suatu tokoh adalah terbatasnya sumber-sumber biografis yang tersedia. Namun saya akan mencoba semaksimal mungkin.

Faktanya, tokoh di atas aktif dapat pergerakan yang bertujuan membebaskan bangsanya dari penjajahan bangsa lain. Kemungkinan hal ini didorong oleh sikapnya yang membenci ketidak-adilan. Ia banyak menulis di kolom surat kabar yang berisikan kritik terhadap penjajah. Beliau juga mendirikan suatu perguruan atau lembaga pendidikan, dengan prinsip bahwa seorang pendidik hendaknya hanya memberikan teladan, semangat, dan dorongan saja. Nampaknya ini sesuai dengan sifat unsur Tanah, dimana pribadi yang bersangkutan hanya mendukung sesuatu dari belakang saja.
Beliau merupakan tokoh pendidikan terkemuka, dimana hal ini juga sesuai dengan sifat elemen Tanah yang mampu membimbing serta mendidikn orang lain dalam mewujudkan cita-cita mereka. Konsep Beliau mengenai pendidikan masih menjadi semboyan pendidikan nasional di negaranya.

Fakta lainnya adalah isteri Beliau juga memberikan dukungan dalam perjuangan Beliau. Dengan demikian, elemen kayu (Zhengguan/ Qisha)  yang menempati istana pasangan hidup tentunya bersifat baik.


Dekade Bing Yin (usia 19-28) yang ditempati elemen Api dan Kayu. Merupakan masa aktif dalam perjuangan. Pada tahun Gui Chou (Air-Tanah) menulis sebuah artikel terkenal yang mencela penjajah. Pada tahun itu pula diasingkan ke seberang lautan. Jika kita perhatikan Chou dan Chen membentuk hubungan Po (破) atau "menghancurkan." Ada yang mengatakan bahwa relasi ini lebih ringan dibandingkan Chong (沖) atau "peperangan." Namun nampak baik Po maupun Chong dapat membebaskan unsur-unsur yang tersimpan dalam gudang. Sehingga tokoh ini menampilkan berbagai kemampuan terpendamnya.

Dekade Yi Chou (usia 29-38) yang ditempati elemen Kayu-Tanah. Beliau kembali negerinya, yakni tepatnya pada tahun Ji Wei (Tanah-Tanah). Semenjak itu aktif dalam dunia pendidikan. Tahun Chen-Xu (Tanah-Tanah), Beliau mengganti namanya dan melepaskan gelar kebangsawanannya agar dapat lebih dekat dengan rakyat.  Perhatikan bahwa semua peristiwa tersebut terjadi pada tahun-tahun saat elemen Tanah mendominasi.

Dekade Gui Hai (usia 49-58) yang ditempati elemen Air-Air, atau tepatnya tahun Yi You (Kayu-Logam), Beliau diangkat sebagai menteri. Namun tidak berlangsung lama dan nampaknya hanya setahun menduduki jabatan tersebut.

Dekade Xin You (usia 69-78) yang ditempati elemen Logam-Logam, atau tepatnya tahun Ji Hai (Kayu-Air), Beliau meninggal dunia. Jika diperhatikan You bergabung dengan Chen menjadi Logam. Dengan demikian, Logam bukan merupakan elemen yang baik bagi Beliau. Jika berdasarkan analisa Bazi ini, maka penyebab meninggal ada kaitannya dengan penyakit pada paru-paru.

Kita dapat melakukan analisa lebih lanjut guna memperkirakan jam berapa tokoh ini dilahirkan. Berdasarkan kecocokan elemen, maka nampak bahwa elemen baik Beliau adalah:
  • Tanah sebagai Jiecai/ Bijian atau elemen sendiri.
  • Kayu sebagai Zhengguan/ Qisha atau elemen yang ditaklukkan elemen diri.

Elemen yang buruk adalah:
  • Logam sebagai Shangguan/Shishen atau elemen yang dihasilkan elemen diri (dalam bahasa Inggris ada yang menyebutnya Output).

Oleh karenanya, dengan menimbang bahwa terdapat banyak elemen diri (Tanah), tetapi Logam justru buruk, maka kita dapat menduga bahwa struktur Bazi tersebut adalah Sangat Kuat atau Sangat Kuat Palsu, yang harus dianalisa sebagai "lemah." Dengan kata lain merupakan struktur istimewa. Kita dapat memperkirakan bahwa tokoh in terlahir antara jam 07.00-09.00 pagi. Namun sebagai langkah analisa lebih jauh, kita tentunya perlu membandingkan dengan metoda astrologi. Saya mencoba membuat diagram astrologi bagi tanggal kelahiran tokoh ini pukul 07.30. Ascendant ternyata terletak di Gemini.




Orang yang Ascendantnya terletak pada Gemini juga mempunyai kelemahan pada paru-paru. Nampak pada bagan kelahiran astrologi di atas, bahwa banyak planet yang mengumpul di rumah kedua belas. Ini menandakan adanya suatu pemikiran yang kaya.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Fengshui, Astrologi, Bazi, Ziweidoushu, metafisika, dan lain-lain, silakan kunjungi:


https://www.facebook.com/groups/339499392807581/