Minggu, 06 Desember 2015

MENERJEMAHKAN MAKNA CIAMSIE

MENERJEMAHKAN MAKNA CIAMSIE
.
Ivan Taniputera
6 Desember 2015
.
Salah seorang teman mendapatkan ciamsie-ciamsie sebagai berikut. Karena terjemahannya kurang jelas, maka saya mencoba menerjemahkan ulang ciamsie tersebut. Berikut ini adalah ciamsie yang pertama.
.

Pada baris paling kanan terbaca 病中若是苦心勞 (Bìng zhōng ruòshì kǔxīn láo). Saya menerjemahkannya sebagai berikut: “Penyakit yang tengah diderita menimbulkan kepahitan di hati."
.
Baris berikutnya terbaca 到底求全卻未遭 (Dàodǐ qiúquán què wèi zāo). Saya menerjemahkan ulang sebagai berikut: “Tetapi semua yang dimohonkan belum terkabul."
.
Baris berikutnya terbaca 去後不須回首問 (Qù hòu bù xū huítóu wèn). Saya menerjemahkan ulang sebagai berikut: “Hal-hal yang sudah berlalu janganlah terus menerus dipikirkan (terjemahan harafiah: terus menerus/ berulang kembali ditanyakan).”
.
Baris paling kiri terbaca 心衷事終盡消磨 (Xīn zhōng shì zhōng jǐn xiāomó). Saya menerjemahkan ulang sebagai berikut: “"Pada akhirnya akan capai hati dan pikiran sendiri (putus asa/ hilang harapan)."
.
Oleh karenanya, keempat bait di atas dapat ditafsirkan bahwa penanya sedang mengalami kesedihan atau kekecewaan dalam hatinya. Kemungkinan semua itu diakibatkan adanya belenggu-belenggu dari masa lampau yang mengakibatkannya susah melangkah maju. Penting sekali agar mempunyai kesanggupan meninggalkan belenggu masa lampau.
.
Berikut ini adalah ciamsie kedua yang diperoleh.
.

Pada baris paling kanan terbaca 富貴命由天注定 (Fùguì mìng yóu tiān zhùdìng). Saya menerjemahkan ulang sebagai "Hidup Makmur dan Mulia adalah Ketetapan Langit."
.
Baris berikutnya terbaca 心高必定誤君期 (Xīn gāo bìdìng wù jūn qī). Saya menerjemahkan ulang sebagai “Cita-cita yang terlalu tinggi akan mengakibatkan keputusan keliru."
.
Baris berikutnya terbaca 不若自回依舊路 (Bù ruò zì huí yījiù lù). Saya menerjemahkan ulang sebagai “Jangan menatap terus menerus ke jalan masa lalu."
.
Baris paling kiri terbaca 雲開月出是良時 (Yún kāi yuè chū shì liáng shí). Saya menerjemahkan ulang sebagai "Awan Terbuka Rembulan Muncul adalah Saat Terbaik."
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ .
.

.
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.