Jumat, 05 Februari 2016

SEDIKIT ULASAN DAN RITUAL SEMBILAN BINTANG GANTANG UTARA (BEIDOU)

SEDIKIT ULASAN DAN RITUAL SEMBILAN BINTANG GANTANG UTARA (BEIDOU)
.
Ivan Taniputera.
5 Februari 2016.
.
Rasi bintang Gantang Utara yang dalam astronomi modern disebut Ursa Mayor (Beruang Besar) mempunyai makna penting dalam tradisi China. Orang China menyebutnya sebagai 北斗 (Beidou) atau Gantang Utara.
.
Secara umum rasi bintang ini terdiri dari tujuh bintang utama. Berikut ini adalah padanan nama modern dengan nama Chinanya.
.
1. Dhube disebut Tanlang 貪狼 dalam tradisi China.
2.Merak disebut Jumen 巨門 dalam tradisi China.
3.Phecda disebut Lucun 祿存 dalam tradisi China.
4.Megrez disebut Wenqu 文曲 dalam tradisi China.
5.Alioth disebut Lianzhen 廉貞 dalam tradisi China.
6.Mizar disebut Wuqu 武曲 dalam tradisi China.
7.Alkaid disebut Pojun 破軍 dalam tradisi China.
.
Selain itu masih ditambah dua bintang lagi , yakni:
8. Zuofu 左輔
9. Youbi 右弼
.
Kedua bintang ini diidentifikasi sebagai bintang kembar Alcor A dan Alcor B.
.
Sebagai catatan, Mizar dan Alcor keduanya merupakan bintang kembar. Dalam tradisi India, keduanya masing-masing dikenal sebagai Vasistha dan Arundhati yang melambangkan pernikahan. Di India, upacara pernikahan dihadapkan pada kedua bintang tersebut sebagai lambang ikatan yang abadi. Ternyata penemuan modern mendapati bahwa bintang Alcor masih mempunyai kembaran lagi yang disebut Alcor B. Penemuan ini berlangsung tahun 2009 dengan menggunakan teknologi terbaru dalam ilmu astronomi. Sebelumnya, bintang Alcor B ini tidak dapat oleh mata telanjang. Oleh karenanya, kini terdapat sembilan bintang, sesuai dengan pandangan ahli perbintangan China kuno.
.



Jika kita perhatikan dengan seksama, maka bintang-bintang tersebut juga adalah bintang yang dipergunakan dalam Ziweidoushu, atau ilmu astrologi China. Jadi, diyakini bahwa bintang tersebut juga memiliki pengaruh terhadap kehidupan manusia.
.
Berikut ini adalah gambar ritual Sembilan Bintang Gantang Utara.
.
.
.








.
Sebagai tambahan, personifikasi bagi rasi bintang Gantang Utara adalah Doumu (斗母) atau ada yang menyebutnya pula sebagai Marichi. Kesembilan bintang di atas juga dikenal sebagai Sembilan Dewa Kaisar (Jiuhuang Dadi 九皇大帝 atau Jiuhuang Xingjun 九皇星君).
.
Berikut ini adalah gambar talisman atau hu bagi bintang-bintang di atas.
.


Demikianlah, sedikit seluk beluk mengenai Sembilan Bintang Gantang Utara.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . .
.




PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.