Rabu, 06 April 2016

BAGAN ASTROLOGI ABAD PERTENGAHAN

BAGAN ASTROLOGI ABAD PERTENGAHAN
.
Ivan Taniputera.
6 April 2016
.



Pada zaman sekarang kita biasa mempergunakan bagan astrologi berbentuk lingkaran. Kendati demikian, pada zaman Abad Pertengahan, orang menggambar bagan astrologi berbentuk segi empat, yang kemudian dibagi menjadi 12 segitiga guna menggambarkan masing-masing rumah. Dimulai dari segitiga paling kiri sebagai rumah pertama, lalu berputar berlawanan arah dengan jarum jam hingga rumah ke dua belas.
.
Dengan demikian, garis batas antara segitiga rumah pertama dan rumah kedua belas itulah yang merupakan Ascendant. Sedangkan batas segitiga rumah kesembilan dan kesepuluh merupakan Midheaven.
.
Berikut ini adalah contoh, bagan astrologi yang terdapat pada surat Nostradamus, berjudul “A mes vйnйrables Seigneurs Messieurs les Chanoines de l'Eglise Cathйdrale de l'antiquiss. citй D'aurange”
.


.
Pada gambar di sebelah kanan, saya menggambar ulang bagan tersebut, sehingga lebih mudah dibaca. Ternyata itu adalah bagan astrologi bagi tanggal 14 Februari 1562 (menurut penanggalan Julian: 4 Februari 1562) bagi kota Salon, sekitar pukul 18:50. Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa Nostradamus membuatnya pada senja menjelang malam hari.
.
Kendati demikian, terdapat sedikit ketidak-sesuaian dengan perhitungan modern.
.
1 derajat Libra pada bagan di atas, menurut perhitungan modern adalah 5 derajat Libra.
1 derajat Scorpio pada bagan di atas, menurut perhitungan modern adalah 3 derajat Scorpio.
7 derajat Sagitarius pada bagan di atas, menurut perhitungan modern adalah 9 derajat Sagitarius.
17 derajat Capricornus dan 18 derajat Aquarius adalah sama dengan perhitungan modern; begitu pula 12 derajat Pisces.
1 derajat Aries adalah 5 derajat Aries menurut perhitungan modern.
1 derajat Taurus adalah 3 derajat Taurus menurut perhitungan modern.
7 derajat Gemini adalah 9 derajat Gemini menurut perhitungan modern.
17 derajat Cancer sama dengan perhitungan modern dan begitu pula 18 derajat Leo.
.
Nampak bahwa perbedaan derajat antar rumah hanya sekitar 2 derajat.
.
Peletakan planet sebagian besar sama; yang berbeda hanya Saturnus, yang menurut bagan di atas terletak di rumah kesebelas; sementara perhitungan menempatkannya di rumah kesepuluh. Dengan demikian, tanggal dan jam di atas dapat diandalkan.
.
Horary Astrology di atas dipergunakan menanyakan barang yang hilang.
.
Nampak bahwa bagan Astrologi Abad Pertengahan agak sulit dalam menggambarkan aspek antar planet. Hal tersebut tidaklah aneh, mengingat aspek belum ditemukan saat itu. Aspek antar planet baru ditemukan oleh Johannes Kepler, sehingga merupakan perkembangan relatif baru dalam astrologi.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . .
.


PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.