Minggu, 26 Juni 2016

ANGKUTAN PERAHU TAMBANG TERNYATA MASIH ADA DI SEMARANG

ANGKUTAN PERAHU TAMBANG TERNYATA MASIH ADA DI SEMARANG.
.
Ivan Taniputera.
26 Juni 2016
.
Perahu tambang merupakan jenis angkutan masyarakat yang sangat tradisional. Pada zaman jembatan belum banyak dibangun, perahu tambang sangat berjasa dalam menyeberangkan masyarakat. Ternyata jenis angkutan tradisional ini masih ada di kota Semarang.
.
Cara penggunaan angkutan ini sangat sederhana, pengemudi perahu akan menggunakan tali yang terentang di kedua tepi sungai sebagai pengayuhnya. Ia akan menarik tali tersebut sehingga perahu dapat bergerak maju.
.
Foto berikut ini diambil dari kawasan Boom Lama yang tidak jauh dari pelabuhan Semarang.
.

.


.
Menurut penuturan masyarakat setempat, mereka masih setia menggunakan jasa angkutan perahu tambang demi memintas jalan menuju ke pasar. Tanpa menggunakan perahu tambang, maka mereka harus berjalan memutar agak jauh. Pengguna jasa angkutan ini terutama adalah ibu-ibu yang hendak ke pasar.
.
Saya tidak mengira bahwa jenis angkutan ini masih terdapat di kota besar seperti Semarang. Menurut pendapat saya, keberadaannya perlu dilestarikan, karena dapat menjadi salah satu warisan sejarah dan budaya Semarang. Biarlah modernisasi tidak melibas segala sesuatu yang bernuansa tradisional.