Minggu, 05 Februari 2017

FENGSHUI RUMAH DENGAN BAGIAN MENONJOL ATAU MELESAK KE DALAM

FENGSHUI RUMAH DENGAN BAGIAN MENONJOL ATAU MELESAK KE DALAM.
.
Ivan Taniputera.
3 Februari 2017.
.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai Fengshui rumah dengan bagian menonjol atau melesak ke dalam. Untuk memahaminya, kita perlu mengenal kedelapan trigram atau trigarit (gua) terlebih dahulu; yakni:
.
Kedelapan trigram atau trigarit itu mewakili kedelapan penjuru. Karena ada delapan jumlahnya, maka disebut Bagua (八卦, Hokkian: Pat Kwa). Namun terdapat dua sistim, yakni Susunan Trigram Awal dan Susunan Trigram Akhir.
.


.
Adapun ke delapan Trigram itu adalah:
.
1)Qian 乾, , elemen Logam, berkedudukan di Selatan (Awal) atau Barat Laut (Akhir).
Melambangkan: Ayah, kepala, paru-paru, tulang, pemimpin, kekuatan, daya juang, kreatifitas, dan ketangguhan
2)Dui 兌, , elemen Logam, berkedudukan di Tenggara (Awal) atau Barat (Akhir).
Melambangkan: Puteri bungsu, paru-paru, ketenangan, kenyamanan, dan mulut.
3)Li 離, , elemen Api, berkedudukan di Timur (Awal) atau Selatan (Akhir).
Melambangkan: Puteri tengah, jantung, mata, kegemilangan, pemberi cahaya, kecerdasan, intelektualitas. Sisi buruknya melambangkan kebakaran dan kekeringan.
4)Zhen 震, , elemen Kayu, berkedudukan di Timur Laut (Awal) atau Timur (Akhir).
Melambangkan: Putera tertua, hati, kaki, pendorong, kemajuan, penggerak, dan insinyur.
5)Xun 巽, , elemen Kayu, berkedudukan di Barat Daya (Awal) atau Tenggara (Akhir).
Melambangkan: Puteri tertua, paha, perjalanan, perpindahan, kesetiaan, dan jangkauan yang jauh
6)Kan 坎, , elemen Air, berkedudukan di Barat (Awal) atau Utara (Akhir).
Melambangkan: Putera tengah, ginjal, organ reproduksi, melambangkan gerakan, cinta dalam rumah tangga. Namun sisi buruknya trigram ini juga melambangkan kejahatan, kecelakaan, penyakit, dan duka cita.
7)Gen 艮, , elemen Tanah, berkedudukan di Barat Laut (Awal) atau Timur Laut (Akhir).
Melambangkan: Putera bungsu, tangan, hidung, pinggang, kemantapan, ketenangan, dan kesempurnaan
8)Kun 坤, , elemen Tanah, berkedudukan di Utara (Awal) atau Barat Daya (Akhir).
Melambangkan: Ibu, lambung, organ pencernaan, penerimaan, sifat rajin, pegabdian, dan kepatuhan.
.
Tentu saja masih terdapat makna-makna lain yang belum dipaparkan di sini, karena suatu Trigram mempunyai banyak makna. Tetapi karena artikel ini bukan khusus membahas Trigram, maka saya hanya mencantumkan beberapa saja.
.
Berikut ini makna bentuk-bentuk rumah baik yang bagiannya menonjol atau melesak ke dalam.
.


1. BARAT LAUT.
.
Barat laut termasuk trigram Qian, yang maknanya sudah kita ulas di atas. 
.
Jika menonjol di bagian ini maka sangat baik bagi kepala keluarga atau ayah di keluarga tersebut; yakni dapat meningkatkan kesehatan dan semangat dalam bekerja. Karena Qian juga berarti “pemimpin,” maka dapat meningkatkan kemampuan dalam memimpin. Anak buah dapat mendukung dan menghormati pemilik rumah ini, sehingga akhirnya dapat semakin maju karir atau usahanya berkat dukungan mereka.
Namun bila melesak ke dalam atau justru menonjol berlebihan, maka juga akan berpengaruh buruk pada kepala keluarga atau aya di rumah itu. Sebagai contoh, ia dapat malas atau kurang semangat bekerja dan hanya gemar bersenang-senang saja. Dapat juga terjadi godaan lawan jenis, sehingga menghabiskan banyak uang serta rumah tangga retak. Selain itu, kesehatan paru-paru dan tulang mungkin kurang baik. Hal terburuk dapat menderita penyakit kanker paru-paru atau tulang.
.
2. UTARA
.
Utara termasuk dalam Trigram Kan, yang maknanya sudah kita ulas di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini, maka akan menguntungkan bagi putera tengah. Putera tengah dapat mencapai keutamaan dalam studi atau pekerjaannya, serta menjadi orang berbudi dan berbakti-baik terhadap keluarga maupun negara. Karena melambangkan juga cinta dalam keluarga, maka hubungan suami dan istri akan sangat baik.
.
Sebaliknya, jika melesak ke dalam atau terlalu menonjol berlebihan, maka akan berpengaruh buruk bagi putera tengah; kemungkinan studinya gagal, sulit mendapat pekerjaan, malas, gemar berfoya-foya, dan lain sebagainya. Trigram Kan juga melambangkan kejahatan, maka rumah yang seperti ini juga cenderung menjadi sasaran kejahatan, seperti pencurian dan perampokan. Bahkan bisa juga mengalami kejahatan yang mengancam jiwa. Oleh karena, Trigram Kan juga melambangkan organ peranakan, maka yang patut diwaspadai kaum wanita dapat mengalami penyakit terkait organ tersebut. Hal terburuk adalah dapat terkena kanker peranakan.
.
3. TIMUR LAUT
.
Berada di bawah pengaruh Trigram Gen. Maknanya sudah kita ulas di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini, maka menguntungkan putera bungsu. Ia dapat mencapai keberhasilan dalam studi, memperoleh kesehatan yang baik, dan lain sebagainya. Keuangan akan mantap dan kehidupan tenang.
.
Namun jika melesak ke dalam atau menonjol kelebihan, kehidupan putera bungsu akan terganggu atau rusak. Kemungkinan studinya tidak berhasil, berkawan dengan teman yang tidak baik, malas, susah mendapatkan pekerjaan, sakit-sakitan, dan lain sebagainya. Keuangan keluarga akan gonjang-ganjing. Kehidupan keluarga akan banyak masalah dan hambatan, sehingga jauh dari ketenangan. Karena Gen juga melambangkan tangan, maka tangan bisa bermasalah. Hal terburuk adalah mengalami kecelakaan, sehingga harus diamputasi.
.
4. TIMUR
.
Berada di bawah pengaruh Trigram Zhen yang maknanya sudah diulas di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini akan menguntungkan putera tertua. Para penghuni akan mempunyai dorongan kuat dalam melakukan hal-hal bermanfaat. Terdapat inisiatif kuat dalam melakukan berbagai kebaikan. Jika ada yang hendak kuliah teknik atau menjadi insinyur, maka rumah ini sangat mendukung. Apabila hendak bekerja di bidang teknik juga sangat baik. Karena Trigram melambangkan kemajuan, maka usaha juga akan semakin maju.
.
Apabila melesak di bagian ini atau terlalu menonjol berlebihan, maka putera tertua akan mengalami masalah, seperti menjadi pemberontak dan lari meninggalkan keluarga. Para penghuni menjadi malas dan kekurangan inisiatif dalam melakukan hal-hal bermanfaat. Kemungkinan akan banyak diisi kegiatan kurang bermanfaat. Usaha bukan semakin maju dan malah mengalami kemunduran terus menerus. Waspadai penyakit hati (liver). Hal terburuk adalah mengalami kanker hati (sirosis).
.
5. TENGGARA
.
Diwakili oleh Trigram Xun dengan makna yang sudah dibahas di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini, maka sangat menguntungkan puteri tertua. Sebagai contoh, ia dapat memperoleh jodoh yang baik, sehingga meningkatkan derajat keluarga. Bisnis yang dikembangkan dapat membuka cabang di mana-mana dan bahkan luar pulau atau luar negeri. Karena juga melambangkan kesetiaan, maka kehidupan keluarga akan sangat baik.
.
Namun bila melesak ke dalam atau menonjol berlebihan, maka kurang menguntungkan bagi puteri tertua. Sulit mendapatkan jodoh yang tepat atau akan sering dipermainkan orang lain. Kehidupan akan banyak masalah dan tidak bahagia. Bisnis serta karir tidak dapat berkembang dan justru mengalami kemunduran. Suami atau istri bisa mengalami perselingkuhan dan tergoda pihak ketiga.
.
Sebagai tambahan, kolam di kawasan ini juga tidak baik. Keluarga dapat mengalami kehancuran karena pihak ketiga. Suami atau istri tidak setia satu sama lain.
.
6. SELATAN
.
Di bawah pengaruh Trigram Li yang maknanya sudah kita bahas di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini, maka dapat menguntungkan puteri tengah. Karena melambangkan intelektualitas dan kecerdasan, maka para penghuni rumah dapat mencapai keutamaan di tengah masyarakat karena kedua hal tersebut. Bisnis akan menjadi maju dengan mengandalkan kepandaian beserta kecerdasan. Selain itu, sangat baik bagi yang berprofesi sebagai guru, karena ini merupakan profesi yang erat kaitannya dengan kecerdasan dan intelektualitas. Selain itu, juga sangat baik bagi dokter. Bila ada penghuni rumah yang mengambil jurusan kedokteran tentu akan lulus dengan mudah.
.
Sebaliknya, jika melesak ke dalam atau menonjol berlebihan, maka yang dirugikan adalah puteri tengah. Puteri tengah dapat mengakibatkan keluarga hilang kehormatan. Selain itu, para penghuni rumah dapat malas belajar dan biasanya harus berjuang keras agar lulus suatu jenjang pendidikan. Keluarga yang tinggal di sini lambat laun akan kehilangan kehormatan di tengah masyarakat. Karena melambangkan mata dan jantung, maka waspadai penyakit mata beserta jantung. Yang paling parah dapat memicu penyakit jantung akut. Rumah juga rentan bahaya kebakaran.
.
7. BARAT DAYA
.
Diwakili oleh Trigram Kun, yang maknanya sudah kita ulas di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini, maka menguntungkan ibu atau isteri. Ibu rumah tangga akan menjadi rajin dan sanggup mengayomi keluarga dengan baik. Kehidupan rumah tangga akan menjadi harmonis. Urusan rumah tangga akan menjadi teratur dan baik, sehingga anggota keluarga akan bahagia. Kemungkinan lain, isteri atau ibu rumah tangga akan mempunyai pengaruh besar dan dominan dalam keluarga.
.
Sebaliknya, jika melesak ke bagian dalam atau menonjol berlebihan, maka kehidupan ibu rumah tangga tidak akan bahagia, kemungkinan akan ditindas oleh suaminya dan mengalami penyakit berat serta berakibat fatal. Kemungkinan lain adalah ibu rumah tangga akan mengabaikan tugas-tugasnya, sehingga keluarga menjadi telantar. Penghuni rumah juga rentan terhadap penyakit pencernaan dan yang terparah kemungkinan adalah kanker usus. Para penghuni rumah ini juga sulit untuk membeli rumah lagi.
.
Apabila menonjol di bagian ini, tetapi melesak ke dalam di penjuru barat laut, atau di sana terdapat kamar kecil, kamar mandi, atau tangga, maka suami akan jarang berada di rumah serta mengabaikan keluarga.
.


.
8. BARAT
.
Berada di bawah pengaruh Trigram Dui dengan makna seperti yang sudah dipaparkan di atas.
.
Jika menonjol di bagian ini, maka akan menguntungkan puteri bungsu. Ia akan disukai dan dicintai oleh masyarakat. Selain itu, ia akan dapat memuliakan dan menyejahterakan keluarga. Hubungan dengan orang lain baik. Selain itu, dapat meningkatkan pula kejayaan dalam keuangan. Karena Trigram Dui melambangkan mulut, maka dapat memperoleh keberhasilan dalam bidang seni suara.
.
Sebaliknya, jika melesak ke dalam, maka kurang baik bagi puteri bungsu. Ia kemungkinan akan membuat malu dan merusak kehormatan keluarga. Selain itu, dapat pula menjadi boros dan hanya mau hidup bermewah-mewah saja. Selain itu, kesejahteraan keluarga juga bisa menurun. Oleh karena Trigram Dui melambangkan mulut, maka mudah terlibat perselisihan dan ribut mulut, baik dengan orang lain atau sesama anggota keluarga. Waspadai penyakit paru-paru, dimana yang terparah adalah kanker paru-paru. Seluruh anggota keluarga disarankan menghindari rokok.
.
Sebagai tambahan, di bagian ini tidak boleh ada kolam atau tempat pembuangan kotoran, karena akan berpengaruh kurang baik bagi puteri bungsu.
.
Demikian kita sudah mengulas kedelapan penjuru rumah.
.
Sebagaimana yang telah dipaparkan di atas, rumah dengan bagian menonjol berlebihan tidak baik. Lalu bagaimanakah rumah yang menonjol berlebihan itu? Berikut ini adalah contohnya.
.


.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . .
.


PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.