Kamis, 13 April 2017

MENCARI TANGGAL LAHIR OEY TAMBAH SIA DENGAN BANTUAN ASTROLOGI

MENCARI TANGGAL LAHIR OEY TAMBAH SIA DENGAN BANTUAN ASTROLOGI.
.
Ivan Taniputera.
31 Maret 2017.
.
Saya tiba-tiba tertarik mempelajari mengenai tokoh zaman dahulu yang bernama Oey Tambah. Ia adalah anak pemuka Tionghoa abad ke-19 di Batavia (Jakarta) bernama Oey Thoa (Oey Thai Lo). Karena merupakan anak opsir Tionghoa, maka di belakang namanya ditambahkan gelar Sia, sehingga dikenal sebagai Oey Tambah Sia. Berbeda dengan ayahnya yang terkenal dermawan, Oey Tambah mempunyai perangai buruk. Ia kerap menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya dan gemar bermain wanita. Ia kerap merebut anak perempuan dan istri orang lain. Oleh karena riwayat Oey Tambah sudah banyak dituturkan, maka saya tidak akan membahasnya lebih jauh. Saya lebih tertarik pada upaya menemukan kembali tanggal kelahirannya, karena sumber-sumber sejarah yang ada hanya menyebutkan ia dilahirkan pada tahun 1827.
.
Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menemukan tanggal kelahirannya dengan bantuan baik Astrologi Barat maupun Timur. Tentu saja ini hanya perkiraan saja dan belum tentu terbukti kebenarannya. Guna mengetahui tanggal kelahiran yang pasti, barangkali kita perlu membongkar arsip Kong Koan (dewan pemuka Tionghoa) di masa itu. Ini merupakan tugas para sejarawan.
.
Mencari tanggal kelahiran seseorang yang tidak diketahui bukan tugas mudah, namun barangkali mengasyikkan bagi para penggemar Astrologi. Hal ini merupakan semacam “reverse engineering,” dimana kita biasanya memprediksikan kepribadian seseorang berdasarkan bagan astrologis seturut tanggal kelahirannya. Kini prosesnya dibalik. Kita mengetahui kepribadiannya dan mencari tanggal kelahirannya. Untunglah kita masih mengetahui tahun kelahirannya, yakni 1827 (Tahun Ding Hai). Kita asumsikan bahwa tahun ini akurat. Dengan demikian, kita mengetahui bahwa Oey Tambah bershio babi. Hal ini akan menjadi tonggak awal perhitungan kita.
.
Berdasarkan data sejarah yang ada, Oey Tambah gemar bermain perempuan. Menurut Ilmu Astrologi Barat, kebiasaan ini dapat dikenali melalui adanya Conjunction planet Venus dan Mars, terutama jika keduanya mengalami Square dengan Yupiter atau Saturnus. Selain itu, bisa juga ditandai oleh banyaknya planet yang menggerombol pada rumah kelima.
.
Sebagai langkah pertama, saya memeriksa tabel kedudukan benda langit (ephemeris) pada tahun 1827 guna mengetahui apakah ada Conjunction Venus dan Mars di tahun tersebut. Ternyata ada! Conjunction itu menjadi eksak (penyimpangan 0 derajat) pada tanggal 21 Agustus 1827. Biasanya dalam ilmu Astrologi Barat dikenal adanya orb (batas penyimpangan yang diizinkan), dimana hal ini masih berbeda-beda antara masing-masing praktisi. Ada yang menggunakan 3 derajat atau 6 derajat sebagai batas penyimpangan yang diizinkan. Namun saya akan menggunakan 3 derajat. Jadi kita dapat memperkirakan bahwa ia dilahirkan antara:
17 Agustus 1827 dengan sudut antara Venus dan Mars sebesar 3 derajat 42 menit. Conjunction sedang mendekat eksak.
27 Agustu2 1827 dengan sudut antara Venus dan Mars sebesar 3 derajat 32 menit. Conjunction sedang menjauhi eksak (separate).
.
Jadi sebagai langkah awal kita dapat memperkirakan bahwa Oey Tambah dilahirkan antara 17-27 Agustus 1827.
,
Kini kita akan mencoba memperkecil jangkauan pencarian dengan menggunakan Bazi. Berdasarkan data sejarah yang ada, sudah banyak teman ayahnya (salah satunya Mayor Tan Eng Goan) yang menasihati Oey Tambah agar mengubah perangainya, namun ia tidak mendengarkan nasihat tersebut. Ia juga mempunyai sifat flamboyan. Sifat-sifat ini cocok dengan elemen diri (day master) Api; yakni Bing atau Ding. Oleh karenanya, dengan bantuan Bazi kita akan mencari kapan di antara tanggal-tanggal di atas yang mempunyai elemen diri Api. Ternyata hari Bing dan Ding, masing-masing jatuh pada tanggal 24 serta 25 Agustus 1827. Dengan demikian, kita sudah mempersempit pencarian kita.
.

.
Kini kita mencoba memilih kembali di antara kedua tanggal tersebut, mana yang lebih masuk akal.
.
Jika kita bandingkan di antara Batang Langit Bing dan Ding; maka nampak bahwa Bing lebih dekat pada kepribadian Oey Tambah. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan Batang Langit Bing:
.
Kelebihan: Bersikap penuh semangat, energik, dan cepat dalam menanggapi sesuatu. Berjiwa terbuka dan juga jujur. Bersikap sontan santun dan dalam melakukan sesuatu biasanya tulus. Berani dalam mengungkapkan pandangannya. Biasanya gemar menciptakan hal-hal baru yang berbeda dengan kebiasaan lama. Bersikap antusias dalam banyak hal.
Kelemahan: Cepat tersinggung dan marah. Jika sudah marah atau kesal, maka tingkah lakunya kasar dan apa saja bisa dilakukan. Karena cepat dalam menanggapi sesuatu, maka sisi buruknya bisa menjadi terburu-buru dan juga menjadi ceroboh. Jika sudah marah atau sisi kelemahan ini tampil maka tidak ragu-ragu menyerang orang lain yang dianggapnya bersalah atau merugikan dirinya beserta orang-orang dikasihinya. Mudah mencari gara-gara atau permasalahan tidak perlu.
.
Oey Tambah memang cepat dalam menanggapi sesuatu. Saat berada dalam penjara, ia masih sempat mengirim pesan pada kedua anak buahnya agar melarikan diri, karena keterangan mereka akan memberatkan dirinya. Tetapi nasib berkata lain, utusan yang disuapnya itu tertangkap dan pesan itu ditemukan polisi, sehingga menjadi sarana memperberat dirinya dalam pengadilan. Sayangnya kelebihan itu tidak berkembang dan malah sisi buruknya yang lebih kuat. Jadi, kita akan memutuskan bahwa tanggal perkiraan kelahiran Oey Tambah adalah 24 Agustus 1827.
.
Kini tibalah saatnya menentukan jam kelahiran Oey Tambah. Kita akan mencoba memutar bagan astrologis (astrological chart) Oey Tambah sedemikian rupa, sehingga rumah kelimanya banyak ditempati oleh planet. Hal itu akan berlangsung dari sekitar pukul 20.00 hingga 20.55.
.
Dengan keadaan seperti itu, maka Aries akan menjadi Ascendantnya. Ascendant Aries memang bisa menjadikan seseorang mempunyai daya tarik bagi lawan jenis dan kegiatan hiburan.
.
Jadi, kita kini dapat memperkirakan bahwa Oey Tambah lahir pada tanggal 24 Agustus 1827, antara pukul 20.00-20.55. Bazinya yang lengkap akan menjadi sebagai berikut.
.


.
Kita menyaksikan bahwa terlalu banyak elemen Tanah yang mengepungnya. Ini menandakan adanya suatu ambisi yang tidak terpuaskan. Terdapat Api Ding di pilar tahun, yang menandakan bahwa kekayaan akan diperoleh dari leluhur. Pada usia 15 tahun, ayahnya meninggal dan ia memperoleh kekayaan besar. Kebetulan saat itu bertepatan dengan dekade 2, yang diduduki oleh Bing Wu, sehingga sama dengan pilar harinya. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila ia mewarisi kekayaan besar. Tahun 1842 juga kebetulan adalah tahun Ren Yin. Itulah sebabnya terbentuk formasi Yin-Wu-Xu yang makin memperkuat Api, selaku lambang kekayaan bagi Oey Tambah.
.
Oey Tambah dihukum mati pada tanggal 7 Oktober 1856. Kebetulan saat itu merupakan hari Gui Hai, yang didominasi elemen Air, sehingga memadamkan elemen Api. Hidupnya berakhir pada hari tersebut.
.
Apakah kita masih dapat memperkecil cakupan jamnya? Dengan bantuan Astrologi hal itu dimungkinkan. Kepribadian seperti Oey Tambah nampaknya mempunyai Pluto di rumah pertama. Pluto akan masuk ke rumah pertama antara 20.00-20.10. Jadi, kemungkinan Oey Tambah dilahirkan pada tanggal 24 Agustus 1827, pukul 20.00-20.10. Rentang waktu jamnya hanya tinggal 10 menit.
.
Bagan Astrologi Oey Tambah dengan demikian adalah sebagai berikut.





.
Jika kita amati bagan astrologi kelahirannya, maka nampak bahwa hidup tokoh ini penuh dengan ketegangan. Pluto yang mengalami Square Neptunus dan Yupiter, melambangkan bahwa tokoh ini gemar melanggar hukum dan tradisi. Dalam ilmu Astrologi, Pluto melambangkan pembunuhan. Jadi, tokoh ini memang mempunyai potensi menjadi pembunuh. Kendati demikian, tidak semua orang yang terlahir pada saat tersebut menjadi pembunuh. Mengapa demikian? Karena kita semua mempunyai kehendak bebas. Semuanya bergantung pada kita hendak ke mana kita mengarahkan biduk kehidupan ini.
.
Tanggal kelahiran di atas hanya perkiraan saja berdasarkan ilmu Astrologi. Kini merupakan tugas para sejarawan untuk mengungkapkan tanggal yang sebenarnya berdasarkan bukti-bukti historis.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . 
.

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.