Sabtu, 26 Agustus 2017

BAGAIMANA MEMBUAT BAGAN ZIWEIDOUSHU SETIAP JAM?

BAGAIMANA MEMBUAT BAGAN ZIWEIDOUSHU SETIAP JAM?
.
Ivan Taniputera.
20 Agustus 2017.
.
Di dalam Ilmu Ramalan Ziweidoushu, terdapat bagan-bagan yang hanya berlaku dalam kurun waktu tertentu saja; yakni: .
  • Bagan Ziweidoushu dekade.
  • Bagan Ziweidoushu tahunan
  • Bagan Ziweidoushu bulanan.
  • Bagan Ziwedoushu harian
  • Bagan Ziweidoushu tiap jam.
.
Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana membuat bagan Ziweidoushu bagi setiap jam. Masa berlaku bagan ini hanya satu jam berdasarkan tradisi China (dua jam menurut sistim perhitungan internasional). Jadi, apa yang dimaksud dengan “jam” menurut tradisi China berbeda dengan “jam” menurut pengertian internasional. Kita boleh menyimpulkan bahwa menurut tradisi China, sehari terdiri dari dua belas “jam.”
.
Caranya cukup mudah.
Anda memerlukan:
  1. Batang Langit dan Cabang Bumi jam yang hendak dianalisa.
  2. Batang Langit hari tersebut (bisa dengan melihat almanak).
.
Cara menentukan Cabang Bumi jam adalah sebagai berikut.
.
Jam 23.00-00.59 cabang buminya Zi. Jam 01.00-02.59 cabang buminya Chou Jam 03.00-04.59 cabang buminya Yin Jam 05.00-06.59 cabang buminya Mao Jam 07.00-08.59 cabang buminya Chen Jam 09.00-10.59 cabang buminya Si Jam 11.00-12.59 cabang buminya Wu Jam 13.00-14.59 cabang buminya Wei Jam 15.00-16.59 cabang buminya Shen Jam 17.00-18.59 cabang buminya You Jam 19.00-20.59 cabang buminya Xu Jam 21.00-22.59 cabang buminya Hai
.
Sebagaimana yang telah diungkapkan di atas, menurut tradisi China sehari terdiri dari dua belas “jam.” Biasanya orang menyebut jam menurut tradisi China dengan nama Cabang Buminya; sehingga terdapat jam Zi, jam Chou, jam Yin, dan lain sebagainya.
Sehubungan dengan menentukan Batang Langit jam yang hendak dianalisa terdapat ketentuan sebagai berikut.
• Untuk batang langit hari Jia dan Ji, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Jia, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit hari Yi dan Geng, mata batang langit pada waktu jam Zi adalah Bing, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit hari Bing dan Xin, maka batang langit pada waktu Jam Zi adalah Wu, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit hari Ding dan Ren, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Geng, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
• Untuk batang langit hari Wu dan Gui, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Ren, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.
.
Sebagai contoh, jika Batang Langit hari adalah Jia dan Anda ingin mencari Batang Langit jam Yin, maka tinggal diurutkan:
Zi-Jia, Chou-Yi, Yin-Bing.
Jadi Batang Langit jam Yin adalah Bing.
.
Langkah pertama, tentukan letak Cabang Bumi jam yang hendak dianalisa atau dibuat bagannya pada bagan Ziweidoushu. Sebagai contoh, jika Anda ingin menelaah jam Zi, maka carilah Zi pada bagan Ziweidoushu.
.
Langkah kedua, sektor terdapat Zi tersebut akan menjadi sektor jiwa jam yang hendak dianalisa. Jadi saat jam Zi sektor Jiwa jam pasti terdapat di Zi; saat jam Chou sektor jiwa jam pasti terletak di Chou; saat jam Yin sektor jiwa jam pasti terletak di Yin; demikian seterusnya.
.
Langkah ketiga, urutkan sektor-sektor atau istana-istana lainnya dengan arah berlawanan jarum jam dimulai dari sektor Jiwa jam tersebut:
.
1.JIWA.
2.SAUDARA.
3.ASMARA atau PERJODOHAN.
4.ANAK.
5.KEUANGAN.
6.PENYAKIT.
7.PERJALANAN.
8.SAHABAT dan ANAK BUAH.
9.KARIER.
10.PROPERTI.
11.BATIN.
12.ORANG TUA.
.
Langkah keempat, tentukan bintang transformasi atau jelmaan berdasarkan Batang Langit jam terkait.
.
  • Jam dengan Batang Langit Jia, maka bintang Lianzhen akan bertransformasi menjadi hualu. Pojun menjadi huaquan. Wuqu menjai huake. Taiyang menjadi huaji.
  • Yi: Tianji hualu. Tianliang huaquan. Ziwei huake. Taiyin huaji.
  • Bing: Tiantong hualu. Tianji huaquan. Wenchang huake. Lianzhen huaji.
  • Ding: Taiyin hualu. Tiantong huaquan. Tianji:huake. Jumen:huaji.
  • Wu: Tanlang hualu. Taiyin huaquan. Youbi huake. Tianji huaji.
  • Ji: Wuqu hualu. Tanlang huaquan. Tianliang huake. Wenqu huaji.
  • Geng: Taiyang hualu. Wuqu huaquan. Taiyin huake. Tiantong huaji.
  • Xin: Jumen hualu. Taiyang huaquan. Wenqu huake. Wenchang huaji.
  • Ren: Tianliang hualu. Ziwei huaquan. Zuofu huake. Wuqu huaji.
  • Gui: Pojun hualu. Jumen huaquan. Taiyin huake. Tanlang huaji.

Langkah kelima, tentukan bintang-bintang putaran jam berdasarkan Batang Langit dan Cabang Bumi jam.
.
Bintang Lucun jam. Batang Langit jam adalah Jia, maka bintang Lucun jam terletak di Yin; Yi: Mao; Bing:Si; Ding:Wu; Wu:Si; Ji:Wu; Geng:Shen; Xin: You; Ren: Hai; Gui:Zi.
Bintang Qinyang jam. Batang Langit jam adalah Jia, maka bintang Qinyang jam terletak di Mao; Yi: Chen; Bing:Wu; Ding:Wei; Wu:Wu; Ji:Wei; Geng:You; Xin:Xu; Ren:Zi; Gui:Chou.
Bintang Tuolou jam. Batang Langit jam adalah Jia, maka bintang Tuolou jam terletak di Chou; Yi:Yin; Bing:Chen; Ding:Si; Wu:Chen; Ji:Si; Geng:Wei; Xin:Shen; Ren:Xu; Gui:Hai.
Bintang Tiankui jam. Batang Langit jam adalah Jia, maka bintang Tiankui jam terletak di Wei; Yi: Shen; Bing: You; Ding:Hai; Wu:Chou; Ji:Zi; Geng:Chou; Xin:Yin; Ren:Mao; Gui:Si.
Bintang Tianyue jam. Batang Langit jam adalah Jia, maka bintang Tianyue jam terletak di Chou; Yi:Zi; Bing:Hai; Ding:You; Wu:Wei; Ji:Shen; Geng:Wei; Xin:Wu; Ren:Si; Gui:Mao.
Bintang Wenchang jam. Batang Langit jam adalah Jia, maka bintang Wenchang jam terletak di Si. Yi: Wu; Bing:Shen; Ding:You; Wu:Shen; Ji:You; Geng:Hai; Xin:Zi; Ren:Yin; Gui: Mao.
Bintang Tianma jam. Cabang Bumi jam adalah Zi, maka bintang Tianma jam terletak di Yin; Chou: Hai; Yin:Shen; Mao:Si; Chen:Yin; Si:Hai; Wu:Shen; Wei:Si; Shen:Yin; You:Hai; Xu:Shen; Hai:Si.
Bintang Hongluan jam. Cabang Bumi jam adalah Zi, maka bintang Hongluan jam terletak di Mao; Chou:Yin; Yin:Chou; Mao:Zi; Chen:Hai; Si:Xu; Wu:You; Wei:Shen; Shen:Wei; You:Wu; Xu:Si; Hai:Chen.
Bintang Tianxi jam. Cabang Bumi jam adalah Zi, maka bintang Tianxi jam terletak di You; Chou:Shen; Yin:Wei; Mao:Wu; Chen:Si; Si:Chen; Wu:Mao; Wei:Yin; Shen:Chou; You:Zi; Xu:Hai; Hai:Xu.
.
Dengan demikian, Anda sudah dapat membuat bagan Ziweidoushu bagi setiap jam.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . .
.


PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.