Minggu, 08 Oktober 2017

PENGALAMAN DIPECAT KERJA DI JERMAN

PENGALAMAN DIPECAT KERJA DI JERMAN. 
.
Ivan Taniputera. 
7 Oktober 2017.
.




Semasa kuliah di Jerman dulu, saya bekerja paruh waktu untuk menambah uang saku. Suatu kali saya bekerja di sebuah pabrik pembuatan compact disc (cd). Saya mendapat tugas membungkus (einpacken) cd-cd yang hendak didistribusikan. Waktu itu penyelia (supervisor) memberikan perintah agar setiap bungkusan berisi "sechs und dreißig" keping cd. Secara harafiah "sechs und dreißig" berarti "enam dan tigapuluh." Artinya adalah 36 atau 3 lusin. Memang dalam bahasa Jerman penyebutan angka adalah satuan terlebih dahulu; baru setelah itu puluhannya, yang dihubungkan dengan kata "und" (dan). Jadi berkebalikan dengan Bahasa Indonesia atau Inggris. Karena belum terbiasa, saya mengira bahwa ia menyebutkan 63.
.
Saya lalu membungkus masing-masing 63 keping cd. Setelah bekerja selama kurang lebih tiga jam, supervisor itu kembali. Tentu saja, saya sudah menyelesaikan cukup banyak bungkusan. Ia nampak bingung dan bertanya, "Biasanya bungkusan isi 36 cd tidak sebesar ini. Coba dihitung dulu." Ia membuka satu bungkusan dan mendapati jumlahnya 63. Supervisor sangat marah, "Bukankah tadi saya bilang 36. Kenapa jadi 63? Semua harus dibongkar dari awal lagi. Waktu jadi sia-sia!" Saya menyadari kekeliruan saya dan berkata, "Maafkan saya. Saya akan membongkar semuanya sampai tuntas." Ia menjawab dengan marah, "TIDAK PERLUUU... KAMU DIPECATTT!!!" Demikianlah pengalaman saya bekerja selama tiga jam di pabrik cd. Lumayan gaji saya selama 3 jam tetap dibayar. Meskipun demikian, beberapa bulan kemudian saya melamar lagi bekerja paruh waktu di sana dan.... diterima lagi! Mungkin mereka sudah lupa. 
.
Bagi adik-adik yang ingin melanjutkan kuliah di sana, biasakan diri kalian dengan penyebutan angka dalam bahasa Jerman agar kalian tidak mendapatkan pengalaman seperti saya hahaha...