Kamis, 09 November 2017

ANALISA BAZI: CZAR PETER THE GREAT DARI RUSIA

ANALISA BAZI: CZAR PETER THE GREAT DARI RUSIA.
.
Ivan Taniputera.
9 November 2017.
.




Peter the Great (lahir: 9 Juni 1672, pukul 01.00; wafat: 8 Februari 1725) merupakan salah seorang tokoh besar pada zamannya. Ia mempunyai sumbangsih besar dalam memajukan Rusia. Sebelum meneliti bagan Bazinya, kita akan menelusuri terlebih dahulu riwayat ringkat tokoh tersebut.
.
Peter merupakan putra Czar Alexis dari Dinasti Romanov. Masa awal kehidupannya bertepatan dengan kekacauan akibat intrik politik memperebutkan pengaruh dalam Kekaisaran Rusia. Ketika Czar Alexis mangkat pada tahun 1676, penggantinya adalah saudara tiri Peter yang bergelar Fyodor III. Namun ia merupakan penguasa lemah karena tubuhnya yang sakit-sakitan. Itulah sebabnya, kekuasaan yang sesungguhnya berada dalam genggaman seorang tokoh bernama Artamon Matveev dari keluarga Naryshkin, salah satu keluarga berpengaruh pada masa itu. Istri kedua Czar Alexis berasal dari keluarga tersebut, sehingga mereka dapat menanamkan pengaruhnya dalam lingkar Kekaisaran Rusia.
.
Pada tahun 1682, Fyodor III mangkat tanpa meninggalkan keturunan. Pertikaian pecah antara keluarga Naryshkin dan Miloslavsky, keluarga berpengaruh dalam percaturan politik Rusia. Keluarga Milolavsky merupakan asal istri pertama Czar Alexis. Demi memperkuat pengaruhnya, masing-masing keluarga tersebut berupaya mengangkat calonnya ke singgasana Rusia. Apabila calon mereka yang terpilih menduduki singgasana, maka ibunya akan diangkat sebagai wali (regent), sehingga pengaruh keluarga itu akan makin kuat.
.
Seharusnya, yang berhak menduduki tahta adalah saudara tiri Peter bernama Ivan. Namun ia juga bertubuh lemah dan sakit-sakitan. Akhirnya, dicapai kesepakatan bahwa Ivan (kemudian bergelar Ivan V) dan Peter akan sama-sama menduduki singgasana. Dengan demikian, Rusia pada saat itu mempunyai dua orang czar (kaisar). Keputusan untuk mendudukkan dua orang kaisar ke singgasana ternyata tidak disetujui semua pihak dan menerbitkan pemberontakan yang bahkan mengakibatkan tewasnya beberapa orang dekat Peter. Berbagai intrik politik berkecamuk pada masa itu.
.
Mangkatnya Ivan V pada tahun 1696 menjadikan Peter sebagai satu-satunya penguasa Rusia. Peter mendambakan Rusia yang setara dengan kerajaan-kerajaan di Eropa Barat. Ia merasakan betapa terbelakangnya Rusia dibanding Eropa barat. Oleh karenanya, ia mencanangkan berbagai pembaharuan atau modernisasi. Meskipun mendapatkan tekanan dari berbagai kalangan, Peter dengan tegas mewujudkan pembaharuannya, antara lain dengan mewajibkan pengenaan pakaian bergaya Prancis dan Eropa Barat, khususnya bagi pejabat pemerintah beserta prajurit. Ia juga berhasil memodernkan angkatan laut Rusia. Peter berhasil melakukan berbagai penaklukan yang makin memperbesar Kekaisaran Rusia, antara lain Azov pada tahun 1696.
.
Pada tahun 1697 atau kurang lebih setahun setelah ia memegang kekuasaan sepenuhnya, Peter mengadakan perjalanan ke Barat dengan menyamarkan identitas dirinya. Ia mempelajari bagaimana membangun kapal di Zaandam, Negeri Belanda. Pengetahuan itu kelak akan sangat bermanfaat dalam memodernkan angkatan laut Rusia sehingga menjadi sejajar dengan Eropa Barat. Dalam perjalanannya itu, ia mempelajari pula kebudayaan Eropa Barat dan berjumpa dengan beberapa penguasanya. Peter terpaksa pulang kembali ke ibukotanya pada tahun 1698 karena terbitnya suatu pemberontakan yang berhasil dipadamkan dengan mudah.
.
Peter mendambakan Rusia menjadi pemegang dominasi di Laut Baltik yang ketika itu dikuasai oleh Swedia. Oleh karenanya, ia lantas memaklumkan perang dengan Swedia yang ketika itu dipimpin oleh Raja Karel (Charles) XII. Namun pada Pertempuran Narva (1700) pasukan Swedia memporak-porandakan angkatan perang Rusia yang ketika itu kurang persiapan. Meskipun demikian, Raja Karel XII tidak melakukan tindakan lebih jauh terhadap Rusia karena kini ia hendak memusatkan perhatiannya dalam melawan Konfederasi Polandia Lituania. Dengan demikian, Peter mempunyai kesempatan membangun kembali angkatan perang Rusia. Pada tahun 1703, ia membangun ibukota baru yakni St. Petersburg.
.
Pertempuran sengit dengan Swedia pecah kembali. Setelah melampaui serangkaian peperangan yang sengit, Rusia berhasil membuktikan kedigdayaannya. Satu persatu wilayah Swedia berhasil direbut. Setelah kematian Karet XII pada tahun 1718, baru dua tahun kemudian Rusia dan Swedia menanda-tangani perjanjian perdamaian. Rusia kini menjadi negara yang disegani.
.
Setelah peperangan berakhir, Peter dapat meneruskan gagasan pembaharuannya dengan lebih leluasa. Pada tahun 1721, ia diberi gelar “Kaisar seluruh Rusia.” Peter mendirikan pula institusi-institusi pendidikan untuk memajukan Rusia.
.
Peter mangkat pada tanggal 8 Februari 1725 sekitar pukul 04.00-05.00 dini hari akibat penyakit infeksi saluran dan kandung kemih. Otopsi yang dilakukan kemudian memperlihatkan bahwa kandung kemihnya terserang gangren.
.
Kini kita akan menelaah Bazi Peter The Great. Berikut ini adalah diagram Bazinya.
.



.
Sebenarnya, saya mengambil Peter the Great ini sebagai contoh bagi Bazi yang seluruh pilarnya mengalami pertentangan atau cong (Hokkian: ciong).
Jika kita amati maka jelas sekali bahwa diagram Bazi di atas bersifat kuat. Elemen diri adalah Tanah. Oleh karenanya, untuk menyeimbangkan elemen tersebut, Peter harus mengandalkan Air dan Logam. Kayu tidak dapat diandalkan karena akan memperkuat Bing yang berelemen Api di pilar bulan. Jadi, elemen baiknya adalah Air dan Logam.
.
Karena Tanah yang sangat kuat, kita dapat menyimpulkan bahwa Peter merupakan orang yang gemar memaksakan gagasannya. Apabila menilai dari riwayat singkat di atas, hal ini nampaknya memang benar. Apa yang diinginkan harus tercapai, tidak peduli apakah orang lain menyukainya atau tidak. Itulah sebabnya, ia banyak mengalami pertentangan oleh rekan-rekannya sendiri dalam bentuk pemberontakan. Adanya elemen Api yang kurang baik mengakibatkan bahwa dalam bertingkah laku, ia mudah membangkitkan kemarahan orang lain. Ia kurang dapat mengekspresikan sesuatu dengan baik dan damai.
.
Kini kita akan membahas masalah pertentangan atau cong (Hokkian:ciong. Inggris: clash). Bagi yang baru mempelajari Bazi, saya akan memaparkan terlebih dahulu apa yang dimaksud pertentangan tersebut. Pertentangan terjadi pada Cabang-cabang Bumi yang berbeda enam. Karena ada dua belas Cabang Bumi, maka secara keseluruhan terdapat enam pasang pertentangan. Oleh karenanya disebut Enam Pertentangan (Liuchong), yakni:
.
  • Zi-Wu.
  • Chou-Wei.
  • Yin-Shen.
  • Mao-You.
  • Chen-Xu.
  • Si-Hai.
.
Apabila kita amati, maka pada pilar tahun dan bulan Bazi Peter the Great, masing-masing terdapat Zi serta Wu. Dengan demikian terdapat pertentangan pada pilar-pilar tersebut. Ternyata pada pilar hari dan jam, masing-masing terdapat Wei serta Chou. Jadi, pada pilar-pilar ini pun terdapat pertentangan. Dengan demikian, seluruh pilar Bazinya mengalami pertentangan.
Secara umum, adanya pertentangan dalam Bazi tidaklah baik. Adanya pertentangan (cong) pada seluruh pilar-pilar Bazinya menjadikan kehidupan seseorang penuh pergolakan. Adapun pergolakan tersebut berlangsung di luar dan dalam dirinya sendiri. Meskipun demikian, tidak semua pertentangan itu sepenuhnya buruk. Dampak merusaknya juga mempunyai tingkatan berbeda. Beberapa hal berikut ini, perlu kita pertimbangkan dalam menelaah suatu pertentangan:
.
  1. Yang mengalami pertentangan elemen yang menguntungkan atau tidak menguntungkan.
  2. Elemen yang kalah menguntungkan atau tidak menguntungkan. Sebagai contoh: Air mengalahkan Api. Logam mengalahkan Kayu. Kita perlu memahami siklus Lima Elemen atau Unsur dengan baik.
  3. Biasanya Chou-Wei dan Chen-Xu tidak begitu merusak, karena sama-sama Tanah; sehingga tidak terjadi pertentangan antara hidup dan mati.
.
Setelah mempelajari sedikit teori Bazi tentang Enam Pertentangan, kita akan kembali pada Bazi Peter The Great. Apabila kita amati lebih jauh, sebenarnya Enam Pertentangan pada diagram Bazi Peter The Great tidaklah begitu membahayakan. Alasannya antara lain sebagai berikut. Sebagaimana yang telah diungkapkan di atas, Chou-Wei tidak begitu merusak. Pada Zi-Wu, Air (Zi) yang menguntungkan akan memadamkan Api (Wu) yang kurang menguntungkan. Jadi meski dalam hidupnya timbul berbagai masalah yang memusingkan, ia akan selalu sanggup mematahkannya. Pada kenyatannya, Peter dapat memadamkan berbagai pemberontakan yang menentang dirinya. Ia berhasil mengalahkan Karel XII dari Swedia, meski melalui serangkaian pertempuran sengit.
.
Lebih jauh lagi, Pertentangan Chou-Wei menjadikan seseorang menggemari pengetahuan, kebudayaan, dan filsafat, walau hal-hal tersebut harus diperoleh dengan cara yang sulit serta berat. Memang benar, bahwa Peter Agung gemar mencari pengetahuan, terutama yang menarik perhatiannya, yaitu pembuatan kapal dan maritim. Pertentangan Zi-Wu menjadikan seseorang gemar mencari masalah. Ia akan sering sibuk ke sana kemari dan gemar berpindah-pindah tempat. Intinya orang tersebut sulit memantapkan diri di suatu tempat. Hanya saja, apakah kesibukan ke sana kemari itu akan bermanfaat atau tidak, sekali lagi bergantung unsur yang kalah menguntungkan atau tidak. Kesibukan Peter Agung ke sana kemari itu memang bermanfaat dan ia menjadi peletak dasar bagi kemajuan Rusia di masa mendatang.
.
Selanjutnya, sebagaimana yang telah diungkapkan di atas, Peter the Great harus mengandalkan Logam dan Air. Pada kenyataannya, Peter the Great mengadakan perjalanan ke dunia Barat. Menurut metafisika China, Barat mempunyai unsur Logam. Dengan demikian, perjalanan itu membuahkan hasil yang baik. Logam juga melambangkan pengetahuan baginya. Pada kenyataannya, Peter the Great membawa pulang pengetahuan membuat kapal. Perhatikan pula bahwa dunia maritim berunsur Air, elemen yang menguntungkan Peter the Great.
.
Kita akan beralih pada perjalanan dekadenya. Dekade 1 (1681-1691) terdapat Dingwei. Merupakan masa yang kurang baik. Akan banyak permasalahan dan kesedihan. Pada kenyataannya, selama kurun waktu tersebut Peter mengalami berbagai pergolakan dan intrik di istana.
.
Dekade 2 (1691-1701), terdapat Wushen. Ini merupakan masa yang sangat baik baginya. Meski terdapat Wu yang berelemen Tanah. Tetapi Wu ini akan berbalik menguntungkan, karena ia akan menghasilkan Logam. Segala sesuatu yang kurang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik. Pada kenyataannya, pada tahun 1696, Peter berhasil menjadi satu-satunya penguasa Rusia. Ternyata, tahun 1696 merupakan tahun Bingzi. Air akan memadamkan Api yang melambangkan saingan atau hambatan bagi Peter the Great.
.
Dekade 3 (1701-1711) terdapat Jiyou yang juga masih baik bagi Peter the Great. Meski kalah dalam pertempuran melawan Swedia di Narva, namun Rusia masih terselamatkan. Hal ini tetap dapat dianggap sebagai keberuntungan. Tahun 1701 merupakan tahun Xinsi. Si pada pilar tahun 1701-You pada pilar dekade 3- Chou pada pilar bulan membentuk apa yang disebut Segitiga Logam (Si-You-Chou). Logam seharusnya bagus, namun sayangnya perubahan menjadi Logam ini gagal. Dengan demikian, akan ada harapan yang tidak terpenuhi, dimana ini menggemakan hasil Pertempuran Narva setahun sebelumnya. Walaupun tetap saja memberikan pengaruh baik walau tidak maksimal.
.
Dekade 4 (1711-1721) terdapat Gengxu. Ini juga masih merupakan masa yang baik bagi Peter the Great. Perdamaian dengan Swedia dicapai dan ia mendapatkan gelar tertinggi sebagai “Kaisar Seluruh Rusia.” Kebetulan tahun 1721 adalah tahun Xinchou atau Tanah menghasilkan Logam (lambat keagungan dan prestasi). Namun efek buruknya, pada tahun itu pulalah kesehatannya akan mulai menurun. Akan muncul suatu penyakit yang menggerogotinya dari dalam.
.
Dekade 5 (1721-1731) terdapat Xinhai yang merupakan masa sangat baik pula bagi Peter the Great. Ini merupakan masa puncak kejayaannya. Lalu mengapa Peter the Great meninggal pada dekade ini? Kita perlu menelaah hari kematiannya. Ternyata elemen-elemen pada hari dan jam kematiannya adalah sebagai berikut:
.
Tahun: Yisi.
Bulan: Wuyin
Hari: Yiwei
Jam: Wuyin.
(8 Februari 1725, pukul 03.00-05.00)
.
Perhatikan bahwa semua elemen pada hari dan jam itu merupakan elemen buruknya. Air yang baik akan terkuras habis. Dengan demikian, saluran kemih yang diwakili elemen Air akan menjadi sangat lemah. Peter the Great meninggal karena uremia pada hari dan jam tersebut.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . . . 
.



PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.