Selasa, 07 November 2017

ANALISA RAMALAN BAZI: KEBERUNTUNGAN UNIK TIMOTHY DEXTER (1747-1806)

ANALISA RAMALAN BAZI: KEBERUNTUNGAN UNIK TIMOTHY DEXTER (1747-1806)
.
Ivan Taniputera.
19 Oktober 2017.
.
Saya tertarik melakukan analisa terhadap Bazi seorang tokoh bernama Timothy Dexter karena keberuntungan unik yang berlangsung selama hidupnya. Sebelum melakukan pembahasan terhadap Bazinya, kita akan mengulas sedikit mengenai tokoh ini guna mengetahui berbagai keunikan yang terjadi dalam kehidupannya.
.
Timothy Dexter dilahirkan pada tanggal 22 Januari 1747 di Malden, Massachussets. Ia tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi dan saat masih kecil sudah bekerja sebagai buruh di pertanian. Saat berusia 14 tahun, ia meninggalkan tanah pertanian itu dan bekerja magang sebagai pengrajin pakaian dan perlengkapan kulit, seperti sarung tangan kulit dan lain sebagainya. Setelah magangnya selesai, ia menikah dengan seorang wanita kaya bernama Elizabeth Frothingham. Dexter kemudian membuka toko perlengkapan pakaian dari kulit di lantai dasar rumah istrinya.
.
Dexter nampaknya dikelilingi oleh teman-teman yang berniat buruk padanya. Mereka seringkali memberikan saran-saran yang menjerumuskan guna menguras hartanya. Karena tidak berpendidikan tinggi, Dexter menerima begitu saja saran mereka. Kendati demikian, saran buruk yang diberikan itu, justru berbalik menjadi keuntungan baginya. Inilah letak keberuntungan unik Dexter. Berikut ini adalah contoh-contohnya.
.
Saat berkecamuknya Perang Kemerdekaan Amerika, Dexter yang sudah berhasil mengumpulkan sejumlah uang dari usahanya, dibujuk teman-temannya membeli mata uang Amerika baru, yang ketika itu tidak berharga. Meskipun demikian, setelah perang berlalu mata uang itu justru meningkat nilainya, sehingga Dexter menjadi kaya raya. Ia membeli sebuah rumah besar dan dua buah kapal. Dengan kapal-kapal itu, Dexter melakukan usaha perniagaan.
.
Teman-temannya memberikan saran tidak masuk akal, yakni agar Dexter mengirim penghangat tempat tidur ke Hindia Barat. Kawasan tersebut beriklim tropis, sehingga penghangat tempat tidur tidak akan berguna. Perangkat semacam itu tentu saja hanya bermanfaat di kawasan beriklim dingin. Namun karena kurangnya pengetahuan, Dexter menuruti saja saran tersebut. Ternyata, di Hindia Barat industri gula tebu sedang berkembang. Penghangat tempat tidur yang dijual Dexter dipergunakan di sana sebagai pencedok dan laku keras. Dengan demikian, saran-saran tidak masuk akal yang sedianya dimaksudkan guna membangkrutkan Dexter itu gagal total. Dexter malah semakin kaya.
.
Pada kesempatan lainnya, untuk mengerjai Dexter kawan-kawannya menyarankan agar ia mengumpulkan kucing jalanan dan mengirimkannya melalui kapal ke Karibia. Dexter menuruti saran tersebut. Ternyata di kawasan Karibia sedang berkecamuk hama tikus. Akibatnya, kucing-kucing Dexter laku keras.
.
Kembali temannya memberikan saran yang tidak masuk akal, yakni menjual sarung tangan ke Polinesia. Tentu saja di Polinesia sarung tangan tidak diperlukan. Ternyata di sana, sarung-sarung tangan itu dibeli oleh para pedagang Perancis yang hendak menjualnya lagi di China. Kembali Dexter berhasil mendulang sejumlah besar uang.
.
Keberuntungan Dexter yang paling terkenal adalah menjual batu bara ke Newcastle, Inggris. Kawan-kawannya, entah bercanda atau ingin menjerumuskan Dexter memberikan saran agar ia mengirim batu bara ke sana. Newcastle adalah kawasan penghasil batu bara terkemuka di Inggris. Tentu saja mengirim batu bara ke sana adalah suatu kebodohan. Secara logika tidak mungkin laku. Bukankah batu bara sudah tersedia melimpah di sana? Kendati demikian, saat kapal Dexter tiba, kebetulan di Newcastle sedang berlangsung pemogokan para pekerja tambang. Itulah sebabnya, batu bara yang dikirim Dexter terjual habis. Kekayaannya makin bertambah.
.
Jadi, uniknya saran tidak masuk akal apa pun yang diberikan kawan-kawannya selalu mendatangkan kemujuran bagi Dexter.
.
Kita akan melakukan analisa Bazi sebagai berikut. Pertama-tama, kita akan membuat diagram Bazinya. Sayang sekali kita tidak mengetahui jam kelahirannya.
.



Dexter terlahir sebagai orang yang berelemen diri Gui (Air Yin). Air di sini menjadi kuat karena dikelilingi oleh Logam. Dengan demikian, elemen baiknya adalah Api dan Kayu. Logam di sini bukan elemen baiknya dan melambangkan pengganggu. Kita dapat menafsirkannya sebagai berikut:
  1. Tidak mempunyai kepandaian atau kecerdasan yang memadai.
  2. Sering mendapatkan saran-saran atau nasihat yang tidak bermanfaat.
.
Masih berdasarkan diagram Bazi di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Dexter meski kaya tidak dihormati orang dan memang demikianlah kenyataannya.
.
Rahasia keberuntungan Dexter terletak pada pilar-pilar dekadenya. Pilar dekade 4 (1771-1781) dan pilar dekade 5 (1781-1791) merupakan masa-masa kejayaannya. Mempunyai 20 tahun masa kejayaan sudah dapat menjadikan seseorang kaya raya dan beruntung.
Meskipun demikian, apabila kita amati lebih jauh, maka pada dekade 4, Cabang Bumi Si bersama dengan Cabang Bumi You serta Chou di bagan Bazinya akan membentuk Segitiga Logam; yakni elemen yang kurang baik baginya. Ini menandakan bahwa Dexter akan dikelilingi oleh teman-teman yang tidak baik.
.
Dekade 5 dipenuhi oleh elemen Api, yakni elemen kekayaan Dexter. Oleh karenanya, kekayaannya akan semakin meningkat.
.
Dekade 6 kurang baik bagi Dexter dan memang ia meninggal pada dekade tersebut, atau tepatnya pada tanggal 26 Oktober 1806.
.
Jika kita amati lebih jauh, maka Dexter mempunyai bintang simbolis (Shensha) Tiande Guiren, yang secara harafiah berarti “Bintang Penolong Kebajikan Langit.” Hal ini juga menandakan bahwa ia senantiasa dapat meluputkan diri dari bahaya. Lebih jauh lagi, pada dekade 4, ia mendapatkan bintang simbolis Tianyiguiren (Penolong Langit) dan Yuedeguiren (Penolong Kebajikan Rembulan). Ini juga melambangkan bantuan yang dapat melindunginya dari bahaya.
.
Demikianlah, sekilas perkenalan kita pada sosok Timothy Dexter yang unik.
.
Berdasarkan hasil analisa ini, kita dapat menyimpulkan bahwa pilar dekade memainkan perananan penting dalam kehidupan seseorang. Jaya dan tidaknya seseorang dapat diamati dari pilar-pilar dekade. Pilar dekade ini dapat diibaratkan sebagai jalan yang dilakui sebuah mobil. Pilar dekade baik melambangkan jalan yang halus dan lapang. Sebaliknya, pilar dekade yang buruk melambangkan jalan yang rusak atau bergelombang.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . 
.
.


PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.