Kamis, 08 Maret 2018

TAHUN BARU IMLEK DARI SISI ASTRONOMI

TAHUN BARU IMLEK DARI SISI ASTRONOMI.
.
Ivan Taniputera.
17 Februari 2018.
.
Karena masih dalam rangka Tahun Baru Imlek, pada kesempatan kali ini saya akan membahas Tahun Baru Imlek dari sisi ilmu Astronomi. Sebenarnya dalam tradisi China terdapat dua jenis penanggalan; yakni berdasarkan matahari (solar) dan bulan (lunar). Penanggalan berdasarkan matahari ini dikenal sebagai kalender Xia. Sementara itu, penanggalan Imlek didasari oleh peredaran bulan. Dengan demikian, sesungguhnya dalam tradisi penanggalan China terdapat dua kali pergantian tahun.
.
Pertama-tama, kita akan membahas penanggalan Xia terlebih dahulu. Pergantian tahun menurut penanggalan Xia berlangsung setiap Matahari memasuki kedudukan sekitar 15 derajat Aquarius. Ini disebut sebagai saat Lichun ( (立春) atau Titik Awal Musim Semi. Setiap tahun, Lichun pasti berlangsung kurang lebih tanggal 4 Februari. Jarak antara Lichun dengan Lichun berikutnya adalah sekitar 365 1/4 hari. Hal ini tentu saja merupakan masa peredaran bumi mengelilingi matahari. Shio atau Cabang Bumi Tahun berganti setiap Lichun yang dapat berlangsung sebelum atau sesudah Tahun Baru Imlek.
.
Bagaimana dengan Tahun Baru Imlek? Tahun Baru Imlek berlangsung saat penyatuan (conjunction) bulan dan matahari terdekat dengan Lichun. Penyatuan bulan serta matahari ini juga disebut bulan baru (new moon). Jadi Tahun Baru Imlek dapat pula dikatakan sebagai bulan baru terdekat dengan Lichun. Kita boleh juga mengatakan bahwa Lichun merupakan bulan baru di konstelasi Aquarius.
.
Kita akan mengambil contoh saat Tahun Baru Imlek tanggal 16 Februari 2018. Silakan perhatikan gambar berikut ini.
.

.
Nampak terjadinya bulan baru di 27 derajat 8 menit Aquarius. Karena posisi bulan baru ini sudah melampaui 15 derajat Aquarius, kita dapat menyimpulkan bahwa pergantian shio menurut penanggalam Xia terjadi lebih dahulu dibandingkan Tahun Baru Imlek.
.
Berikut ini contoh lainnya, yakni Tahun Baru Imlek 31 Januari 2014.
.

.
Nampak bahwa bulan baru terjadi pada 10 derajat 55 menit Aquarius. Karena terjadi sebelum 15 derajat Aquarius, maka kita dapat menyimpulkan bahwa Tahun Baru Imlek terjadi sebelum pergantian shio menurut penanggalan Xia.
.
Dengan demikian, kita sudah mengetahui makna astronomis Tahun Baru Imlek.
.
Sebagai tambahan, kita akan mengulas sedikit lebih banyak mengenai penanggalan Imlek.
.
Jarak antara bulan baru ke bulan baru berikutnya adalah sekitar 29,5 hari. Oleh karenanya, jarak antara tahun baru Imlek yang satu ke tahun Imlek berikutnya adalah 29,5 x 12 atau 354 hari.
.
Dengan demikian, Tahun Baru Imlek setiap tahunnya akan mundur sekitar 11 hari. Kita ambil contoh sebagai berikut.
Tahun Baru Imlek pada tahun 1999 berlangsung pada tanggal 16 Februari. Tahun Baru Imlek pada tahun 2000 berlangsung pada tanggal 5 Februari. Nampak perbedaan 11 hari. Tahun Baru Imlek pada tahun 2001 berlangsung pada tanggal 24 Januari. Perbedaan dengan tanggal Tahun Baru Imlek tahun sebelumnya adalah 12 hari.
.
Untuk menyesuaikan dengan penanggalan Matahari maka setiap tahun ketiga (dua tahun sekali) ditambahkan satu bulan lagi yang disebut dengan bulan kabisat (Runyue, 閏月). Oleh karenanya, pada tahun ketiga itu Tahun Baru Imlek akan maju sekitar 18-19 hari dibandingkan dengan tanggal Tahun Baru Imlek setahun sebelumnya.
.
Kita ambil contoh, Tahun Baru Imlek pada tahun 2002 berlangsung pada 12 Februari atau maju 19 hari. Tahun Baru Imlek pada tahun 2004 berlangsung pada 22 Januari. Pada tahun 2005 Tahun Baru Imlek berlangsung pada 9 Februari atau maju 18 hari.
.
Berikut ini adalah grafik maju dan mundurnya Tahun Baru Imlek 1930-1958.
.

.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , . . . . . .
.


PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.