Rabu, 26 April 2017

EVALUASI HASIL RAMALAN PILKADA DKI JAKARTA 2017 PUTARAN KEDUA

EVALUASI HASIL RAMALAN PILKADA DKI JAKARTA 2017 PUTARAN KEDUA.
.
Ivan Taniputera.
25 April 2017.
.
Beberapa hari yang lalu, saudara-saudara kita warga Jakarta baru saja menghelat pesta demokrasi berupa pemilihan kepala daerah putaran kedua. Kita mengucapkan selamat atas terselenggaranya pesta demokrasi tersebut dengan baik.
.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin melakukan evaluasi atas ramalan saya terkait pemilihan kepala daerah tersebut. Artikel ini saya tulis karena ada beberapa teman yang menanyakan hal tersebut.
.
Saya telah meramalkan hasil pemilihan kepala daerah putaran pertama dan kedua dalam artikel berjudul “ ANALISA ASTROLOGI HASIL PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) DKI JAKARTA 2017” tertanggal 25 September 2016 (link: http://sejarahastrologimetafisika.blogspot.co.id/2016/09/analisa-astrologi-hasil-pemilihan.html).
.
Hasil pemilihan kepala daerah putaran pertama telah dapat saya ramalkan dengan tepat. Silakan lihat artikel berjudul “ TEPATNYA RAMALAN SAYA: HASIL QUICK COUNT PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) DKI JAKARTA 2017” (link: http://sejarahastrologimetafisika.blogspot.co.id/2017/02/tepatnya-ramalan-saya-hasil-quick-count.html). Saya dengan tepat meramalkan bahwa pasangan yang akan memenangkan putaran pertama adalah: Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Hasil prosentasenya juga mendekati, sebagaimana yang tampak di bawah ini.
.



.
Kini pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta putaran kedua, ternyata pemenangnya adalah pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Dengan demikian, ternyata hasilnya berbeda dengan yang saya ramalkan. Memang bagaimana pun juga semua ini hanya ramalan dan belum tentu benar. Tetapi ada hal yang menarik di sini. Silakan bandingkan hasil real count KPU dan prediksi saya.
.
Hasil Real Count KPU adalah:
  • Pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendapatkan 42,05 persen.
  • Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapatkan 57,95 persen.
.
.
Sementara itu hasil prediksi saya adalah:
  • Pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mendapatkan 57,25 persen.
  • Pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapatkan 42,75 persen.
.
Apakah yang menarik di sini?
.
Ternyata angka-angka prosentasenya sangat dekat hanya saja berkebalikan.
.






.
Nampak bahwa angka-angkanya sangat mendekati kenyataan hanya saja berkebalikan. Perbedaan antara angka prosentase hasil real count KPU dan prediksi saya hanya berbeda 0,7 persen atau tidak sampai 1 persen. Jadi, meski hasil ramalan tidak sesuai dengan kenyataan, namun setidaknya saya telah berhasil memprediksi angka-angkanya dengan sangat tepat. Mungkin ada orang yang menganggapnya sebagai kebetulan saja. Saya menghargai pendapat tersebut, karena kita memang bebas mengemukakan pendapat. Namun menurut pandangan saya, sangat kecil peluang bahwa hal tersebut merupakan kebetulan semata. Bagaimana mungkin angkanya bisa sangat mendekati walau berkebalikan?
.
Saya menduga bahwa ini adalah semacam “prinsip ketidak-pastian Heisenberg” dalam dunia ramalan. Semakin kita mengetahui peristiwanya dengan tepat, maka angkanya akan semakin meleset. Begitu pula sebaliknya, semakin kita mengetahui angkanya, maka peristiwanya mungkin akan semakin kabur.
.
Pada prediksi saya terhadap hasil putaran pertama, hasil pemilihan kepala daerah memang tepat; namun angka-angka prosentase meski mendekati kenyataan, tetapi selisihnya lebih jauh dibandingkan angka prosentase prediksi saya bagi hasil putaran kedua.
.
Paling tidak saya telah memperlihatkan bahwa ramalan saya tidak sepenuhnya meleset dan bahkan angkanya sangat mendekati kenyataan dengan selisih yang sangat kecil. Dengan demikian, saya telah meramalkan angka-angka prosentase hasilnya dengan sangat tepat.
.
Namun semua itu hanyalah sekedar ramalan yang belum tentu terbukti kebenarannya.
.
Mungkin ada yang menanyakan fenomena apakah ini? Saya tidak tahu. Namun dalam sejarah, kita menyaksikan bahwa Langit mempunyai cara-cara yang unik dan terkadang tidak dipahami manusia. Rencana Langit terkadang disesuaikan atau sedikit diubah demi kebaikan manusia. Pikiran manusia sangat sulit memahaminya. Kendati demikian, cetak birunya secara umum atau garis besar tidak berubah sama sekali.
.
Sebagai penutup, perlu saya jelaskan bahwa saya bukan pendukung salah satu calon. Saya menghargai siapa pun yang memenangkan pemilihan kepala daerah. Saya menghargai apa pun pilihan saudara-saudara warga Jakarta dan siapa pun yang terpilih wajib didukung dengan baik, sehingga dapat memberikan pengabdian terbaik bagi warga Jakarta. Marilah kita berdoa agar negara kita senantiasa damai sejahtera dan bersatu.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . .
.



PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.